Sukses

Kolesterol & berdebar

20 Oct 2014, 09:06 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dear klik dokter, dokter saya mau tanya' kenapa saya tiba-tiba kok sering deg-deg ya.. apakah mungkin saya punya sakit jantung. sehingga saya sering merasa gelisah. kemarin saya tes darah itu terdapat kolesterol nya 217. lebih tinggi 17 diatas rata-rata. yang mau saya tanyakan : makan apa yang harus saya hindari. dan makanan apa yang bagus buat saya. jika ada obat. obat apa yang harus diminum. Demikian pertanyaan dari saya.. saya tunggu balesannya ya.. Terimakasih klik dokter. Best regards, Desy
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pertama-tama yang perlu kami tanyakan adalah: Apakah Anda juga melakukan pengecekan: HDL, LDL, atau trigliserid? Jika ya, berapa nilainya? Apakah Anda berpuasa sebelum melakukan pengecekkan kolesterol ini? Karena untuk mendapatkan hasil yang valid dari pengecekkan kolesterol, dianjurkan untuk berpuasa 10-12 jam, karena metabolisme kolesterol bergantung dari apa yang sebelumnya dimakan. 

 

Untuk informasi lebih lengkap silahkan anda membuka link berikut ini : 

Serba-Serbi Kolesterol

 

berikut kami sertakan nilai-nilai kolesterol

1.    Total kolesterol  :
Nilai Normal < 200 mg/dl
Perbatasan tinggi 200 - 239 mg/dl
Tinggi > 240 mg/dl

 

2.    LDL kolesterol  :
Optimal < 100 mg/dl
Mendekati optimal 100 - 129 mg/dl
Perbatasan tinggi 130 - 159 mg/dl
Tinggi 160 - 189 mg/dl
Sangat tinggi > 190 mg/d

 

3.    HDL kolesterol  :
Rendah < 40 mg/dl
Tinggi   60 mg/dl

4.    Trigliserida :
Normal < 150 mg/dl
Perbatasan tinggi 150 -199 mg/dl
Tinggi 200 - 499 mg/dl
Sangat tinggi > 499 mg/dl

Tentunya keadaan ini tidak boleh dibiarkan lebih lanjut dan harus ditangani segera. Akan lebih baik jika kondisi Anda dipantau langsung secara teratur untuk mencegah dampak yang lebih lanjut. 

Selain pengobatan, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan melakukan olah raga.  Berikut beberapa judul artikel kami yang dapat Anda baca seputar kolesterol:

Kolesterol

 

Untuk penjelasan mengenai dampak kolesterol terhadap tubuh berikut ini kami sertakan beberapa artikel yang semoga dapat bermanfaat bagi anda :

Kolesterol dan Jantung

Kolesterol dan Stroke

Kolesterol dan Hipertensi

Kolesterol dan Aterosklerosis

Dampak Hiperkolesterol

Keluhan jantung berdebar-debar banyak penyebabnya, baik dari jantung, gangguan hormonal, makanan dan minuman ,obat-obatan, stress,dan lain sebagainya. Apakah Anda sudah memeriksakan kondisi Anda ke dokter ? Apakah selain jantung berdebar ada kondisi tangan sering tremor, nafsu makan meningkat namun berat badan turun, diare, dan sering berkeringat?

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut jika keluhan dirasa sangat mengganggu. 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO).

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar