Sukses

Gusi Geraham Bungsu Bengkak

20 Oct 2014, 09:21 WIB
Wanita, 18 tahun.
dok gusi gigi bongsu tiba2 bengkak dan gusinya membuka. oleh dokter gigi yang menangani saya diberi obat anti nyeri, obat kumur dan bersihkan. namun gusi tersebut tidak mau menutup dan giginya sedikit goyang dan miring.kemudian saya disarankan untuk ke dokter spesialis gigi yang ingin saya tanyakan, 1. jika gusi yang membuka saya biarkan, apa dampak jangka panjangnya? 2. kalau misal gigi bongsu saya dicabut, apakah dicabut biasa atau seperti operasi kecil. dan bagaimana dampak jangka panjangnya jika gigi dan gusi saya, saya biarkan (maksudnya , hanya saya obati dan saya kasih obat kumur.alasannya karena saya takut jika harus dicabut lagi ) 3. kira2, apa penyebab gusi saya seperti itu ? terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Sdr/Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Sepertinya gigi geraham bungsu (gigi molar tiga) anda mengalami impaksi, yaitu kondisi gigi yang mengalami halangan untuk tumbuh secara normal di dalam lengkung rahang. Gigi impaksi dapat terbenam  seluruhnya dalam tulang,  atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring seperti yang terjadi pada gigi Anda. Sebagian permukaan mahkota gigi masih tertutup gusi. Sisa makanan mudah terselip dan sulit dibersihkan di bagian tersebut dan menjadi tempat pertumbuhan kuman, sehingga lama kelamaan gusi mengalami peradangan.

Jika dibiarkan, gusi yang meradang tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu dan menyulitkan pengunyahan. Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Apabila masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.

Drg. Martha Mozartha, M.Si

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar