Sukses

Takut diabetes

16 Oct 2014, 10:44 WIB
Pria, 24 tahun.
saya mau tanya dok,,, saya sering BAK, karena saya memang sering minum air putih. tapi bukan karena saya sering aus, melainkan memang disengaja banyak minum air, agar BAB saya lunak. kalau dari segi makan, saya semenjak kecil juga memang suka dan bnyak makan dok. dan setelah saya lihat di internet ttng gejala diabetes, maupun orang sekitar rumah juga bilang demikian, salah satunya sering kencing, dan juga sering minum. dan sayapun menjadi cemas. (pernah juga saya BAK di WC dan tidak saya siram selama 1 malam, tidak ada semut yg mengerubuti) sebenarnya gejala diabetes itu apa ya ??? saya jadi bingung dan cemas juga...??? makasih dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Untuk mendiagnosa diabetes ada beberapa kriteria, misalnya 

- Gejala 3 P --> Polidipsi (byk minum), poliuri (banyak pipis) dan polifagi (byk makan) + dengan penurunan berat badan namun juga harus dilakukan pemeriksaan gula darah (pemeriksaan laboratorium). 

- Atau tidak ada gejala namun hasil lab menunjukkan kondisi diabetes. 

Untuk itu, bila anda merasa khawatir kami menyarankan agar anda melakukan pemeriksaan gula darah, anda dapat lakukan pemeriksaan di dokter atau di laboratorium terdekat, adapun yang anda dapat periksa adalah : 

- Gula darah sewaktu 

- Gula darah puasa ( 8 jam  puasa)

- Gula darah 2 jam setelah makan

- HbA 1C

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar