Sukses

Nyeri perut kanan atas

20 Aug 2013, 21:33 WIB
Wanita, 20 tahun.
MULAI HARI SENIN DARI PUNDAK SAMPAI PERUT KANAN SAYA MENGALAMI SAKIT HEBAT DOK,TERLEBIH KETIKA POSISI TERBARING UNTUK BANGUN ATAU GERAK PUN SUSAH, UNTUK NAFAS APALAGI. SY SUDAH PERIKSA NAMUN HANYA DI BILANG "MGKN PERNAH JATUH?" DAN HANYA DI BERI OBAT NYERI. APA YG HARUS SY LAKUKAN YA DOK UTK MENANGANI SAKIT INI? LALU SY SERING MERASA SAKIT MAAG WLWPN POLA MAKAN SY TIDAK BERMASALAH, APA KRNA SAKIT INI SUDAH TRLALU PARAH ATAU GMNA YA DOK? DAN ADAKAH CARA UTK MEMERIKSA TINGKAT PENYAKIT MAAG YG SY DERITA INI? SAYA MEMPUNYAI RIWAYAT SAKIT TETANUS WAKTU TK, USUS BUNTU NAMUN SUDAH OPERASI KLS 1 SMA, DAN MAAG MEMANG SEJAK SMP. SEKIAN. MOHON KONFIRMASINYA YA DOK. TERIMA KASIH.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Bagaimana rasa nyeri anda? apakah tertusuk? terasa seperti tertimpa? atau diremas? Apakah nyeri dirasakan sepanjang hari atau adalah waktu-waktu tertentu dimana rasa nyeri itu timbul? apakah ada keluhan lain seperti mual, muntah, diare, susah BAB, gangguan BAK, badan kuning, perubahan warna urin atau ampas? Sudah berapa lama anda menderita maag? 

Untuk nyeri di sebelah perut kanan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : paling sering adalah adanya batu atau infeksi di kandung empedu, batu pada saluran kemih dan ginjal juga dapat menyebabkan nyeri, peradangan pankreas, peradangan lambung, infeksi dan peradangan pada hati atau peradangan pada saluran pencernaan, 

Bila terjadi nyeri yang hebat mungkin saja terdapat batu ada saluran atau kandung empedu anda. Kami menyarankan agar anda segera berkonsultasi ke dokter specialis penyakit dalam, sebab sepertinya harus dilakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan USG, foto perut, dan pemeriksaan darah. Untuk saat ini coba konsumsi obat-obatn untuk maag, lalu kurangi makanan yang berlemak, banyak mengkonsumsi air putih., coba jangan sampai telat makan, hindari makanan pedas, kopi dan teh. Untuk nyeri anda boleh mengkonsumsi obat anti nyeri yang ada di pasaran. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar