Sukses

Hematoma dalam Lahir

18 Oct 2014, 11:47 WIB
Wanita, 30 tahun.
Selamat pagi dok, sy skrng lg hamil 4 bulan...dulu waktu lahiran pertama sy lahiran normal cmn setelah itu sy hrs operasi krn hematum (maaf kalo salah penulisan)ada benjolan didekat vagina yg menurut bidan krn ada urat varises sehingga waktu lg ngeden,urat tsb putud dan darah tidak keluar semua saat melahirkan. yg ingin sy tanyakan: 1.apa penyebab hamatum tsb sebenarnya?? 2.apakah di lahiran ke 2 nanti akan ada indiikasi terjadi hal seperti kelahiran pertama td.. 3.apa yg hrs sy lakukan agar tidah terjadi hematum seperti kelahiran pertama. makasih dok...mhn penjelasannya...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

1. Hematoma dalam kelahiran disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah sekitar organ kelahiran dan akan ditampung dalam jarngan yang longgar di sekitar pembuluh darah yang akan menimbulkan gambaran benjolan yang berisi darah. Penyebab dari hematoma adalah secara langsung (misalnya oleh tindakan episiotomi) atau secara tidak langsung (proses melebarnya organ-organ kelahiran seperti pinggul guna persiapan kelahiran). Faktor resiko terjadinya hematoma adalah kehamilan pertama, lamanya proses kelahiran, bayi/janin dengan berat badan > 4kg, adanya varices pada organ kelahiran dan usia ibu diatas 29 tahun.

2. Hematoma yang terjadi memang susah dihindari dan dapat terjadi pada siapa saja. Namun belum tentu akan terulang pada kehamilan kedua ibu. Semua tergantung dari kondisi ibu saat nanti melahirkan, namun mungkin saja karena ini kehamilan kedua organ-organ kelahiran ibu sudah lebih siap untuk kelahiran. Cukup penting bila nanti di saat kelahiran ibu, ibu mendapat penanganan yang baik. 

3. Yang penting untuk anda adalah untuk selalu menjaga kesehatan selama kehamilan, sepeerti mencegah terjadinya anemia serta jangan lupa untuk selalu kontrol ke dokter kandungan dan kebidanan anda. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar