Sukses

Post nasal drip

20 Aug 2013, 21:55 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat Pagi Klik Dokter, Nama saya Elisabeth usia 25 tahun. Saya mengalami gangguan pada tenggorokan selama 2 tahun-an. Tenggorokan saya setiap waktu berlendir bening yang menyebabkan suara saya gampang pecah dan serak padahal sebelumnya tidak pernah seperti ini namun saya tidak flu dan tidak batuk juga. Saya seorang penyanyi amatir dan ini sangat mengganggu performa saya karena setiap sebelum tampil saya harus berusaha keras untuk membersihkan tenggorokan dengan cara memaksa lendirnya keluar meskipun kurang berhasil. Saya pernah diberikan obat tenggorokan dari Dokter Umum namun tidak pengaruh sama sekali. Mohon pencerahannya dokter dan saran-sarannya. Terimakasih banyak. Salam,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Lendir yang Anda rasakan, apakah mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung? Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. PND dapat juga disebabkan oleh asam lambung yang naik keatas (lebih sering dikenal dengan penyakit GERD) dan juga infeksi. Bila anda menderita GERD, sering timbul juga gejala panas pada perut, rasa terbakar pada leher dan perut, mual, muntah, kembung, dan nyeri perut.

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll. Lalu coba konsumsi vitamin dan makanlah secara teratur. 

Pemeriksaan THT yang biasa dilakukan ada mellihat kedalam hidung, rongga sinus serta ke dalam tenggorokan anda dengan sebuah alat. Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan penyabab dari penyakit ibu ini. Bila disebabkan oleh alergi maka akan diberikan obat alergi, pengencer dahak, bila karena GERD akan diobati GERDnya, dan bila ada infeksi maka akan diberikan antibiotik. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar