Sukses

hidrocele dan kemandulan

18 Oct 2014, 20:20 WIB
Pria, 22 tahun.
slamat pagi dokter saya maw bertanya waktu saya berumur 16 th , saya dulu operasi karena penyakit varicocel, apakah setelah operasi ini bisa menyebabkan kemandulan dok? kalaw iya bisa ngak dicegah ? atau apa yang saya harus lakukan terimakasih dokter
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Varikokel merupakan varises di kantung zakar atau dengan kata lain terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar) yang mendarahi testis. Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna. Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah varikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.Tampilan klinis pada pasien umumnya skrotum yang membengkak dan jika dipegang seperti cacing,nyeri. 

Yang menyebabkan kemandulan ada banyak hal, seperti :

- Kualitas sperma ( jumlah terlalu sedikit, pergerakan serta bentuk yang abnormal)

- ejakulasi retrograde (dimana sperma tidak dapat keluar dan masuk ke kandung kemih)

- dan kelainan struktur (seperti hipospadia, blokade dari saluran)

- kelainan hormonal

40% pria yang infertil menderita hidrocele, dimana hidrocele dikatakan dapat mempengaruhi kualitas dari sperma yang dapat menyebabkan infertilitas (mandul). Namun ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa setelah operasi hidrocele, dapat memperbaiki kualitas dari sperma, namun ada juga penelitian yang mengatakan tidak berpengaruh. Maka dari itu , untuk memastikan,  kami menyarankan agar anda melakukan pemeriksaan kualitas sperma anda di laboratorium. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar