Sukses

Infeksi Saluran Pernafasan Atas

18 Oct 2014, 16:19 WIB
Pria, 17 tahun.
dok aku mau tanya kalok penyakit ISPA tu bahayanya kayak gimana sih dok , trus cara pengobatan paling efektif apa dok? terimakasih itu aja mohon di jawab yya dok ..............
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

ISPA adalah Infeksi Saluran Pernafasan Atas. Yang dimaksud saluran pernafasan atas adalah hidung, rongga sinus, tenggorokan, dan kerongkongan terkadang hingga sampai trakea (saluran pernafasan). 

Penyebab dari ISPA dapat karena infeksi virus atau infeksi bakteri. Gejalanya sangat mirip dengan gejala dari alergi dan infeksi virus influenza. Yaitu pilek, hidung mampet, terkadang ada mata merah, nyeri tenggorokan, bersin-bersin, terkadang demam (terutama di anak), batuk, jarang sekali pusing, lemas, dan sedikit nyeri otot. Gejala ini biasanya berlangsung 7 - 10 hari.

Beberapa virus yang dapat menyebabkan ISPA adalah : corona virus, rhinovirus, parainfluenza, adenovirus, enterovirus dan RSV. 

Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan ISPA adalah : streptococcus, haemophilus influenza, dan lainnya. 

Untuk bahaya, sebenarnya tidak terlalu. Pengobatan biasanya disesuaikan dengan penyebab, bila disebabkan oleh virus tentu tidak perlu antibiotik, namun untuk beberapa ISPA yang disebabkan oleh bakteri memang membutuhkan pengobatan berupa  antibiotik.

Untuk obat, anda dapat menggunakan beberapa obat yang dijual di pasaran dan disesuaikan dengan keluhan anda. Jangn lupa untuk selalu mengkonsumsi vitamin. 

Demikian infromasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar