Sukses

Batuk pada anak

14 Aug 2013, 23:30 WIB
Wanita, 2 tahun.
selamat pagi dok, anak saya dua orang, perempuan dan laki-laki. keduanya saat ini menderita batuk yg berdahak dan kalo batuk suara dahaknya keras sekali. setiap hari batuknya masih bisa dihitung (jadi tidak sering) yang perempuan usia 2thn 1bln, berat badan 13kg sudah beberapa kali kena batuk, sempat sembuh dan kena lagi, anak2 teman bermainnya juga ada, sehingga saling menjangkiti. batuknya juga disertai pilek (beringus) tapi sudah sembuh pileknya. kalau anak saya yang laki-laki usia 7bln terjangkiti kakaknya dan batuknya juga sudah berdahak sama seperti kakaknya, sebelumnya juga dia pilek (persis seperti kakaknya) bagaimana cara pengobatannya ya dok, saya sudah 2 kali ke dokter yg pertama membawa kakaknya dapat obat pilek n batuk (rhinofed, rhinos junior dan neufadhryl) serta sering juga saya buatkan madu dicampur jeruk nipis sedikit dan pengasapan dengan api kompor memakai bawang merah dan telon yg diusap didada, tengkuk dan punggung. yg kedua bawa adiknya dapat obat pilek n batuk juga antibiotik (rhinos junior, saya lupa nama obat batuk n antibiotiknya) tetapi sampai sekarang mereka berdua masih batuk, kakaknya sudah hampir sebulan lebih, adiknya sudah hampir 3 minggu.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

  Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Apakah batuk disertai dahak? apakah pernah demam? apakah ada pilek? Riwayat alergi? Apakah pernah dilakukan foto rontgen?

Batuk pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit : 

1. Infeksi bakteri : memerlukan pengobatan berupa antibiotik, serta pula obat batuk, bila sangat perlu dilakuakn pemeriksaan rontgen, darah

2. Infeksi virus (bronchiolitis) : memerlukan perawatan uap/nebulizer, dapat dibeirkan anti-virus, atau bila sesak dapat dirawat di rumah sakit, diperlukan pemeriksaan foto rontgen, darah

3. TB : flek pada paru, memerlukan pengobatan anti- TB selama 6 bulan, diperlukan pemeriksaan rontgen, atau mantoux

4. Asthma : suatu bentuk alergi pada pernafasan anak, ditandai dengan sesak + batuk. Ditandai dengan suara khas pada pemeriksaan paru-paru.

Kami menyarankan agar anak ibu coba diperiksakan ke dokter spesialis anak sebab diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian infromasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (NO).

Salam,, 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar