Sukses

Penyebab Jarang Haid

20 Oct 2014, 03:45 WIB
Wanita, 20 tahun.
dok, saya sering sekali datang bulan tiap 2-3bln sekali. tp terkadang 40 hari sekali. Itu kenapa ya? Apa saya kurang olahraga. Atau saya gemuk ya? Karena beberapa dari teman saya yg badannya gemuk dia mengalami hal yang sama. tidak rutin sebulan sekali. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal pada tubuh. Gangguan hormon ini sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertamasehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Selaain itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi akibat gangguan seperti:

  • Gangguan indung telur, misal : kista, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

Mengenai kegemukan, berat badan yang dikatakan sehat adalah berat badan tubuh yang memiliki proporsi seimbang dengan tinggi badan. Untuk mengatakan bahwa seseorang memiliki berat yang sehat dan ideal dapat dikalkulasikan dengan menggunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT), yaitu Berat Badan (dalam kg) dibagi Tinggi Badan yang dikuadratkan (dalam m2).

Menurut WHO, IMT yang normal adalah yang terletak antara 18.5-22.9.

Dari data yang Anda berikan, IMT Anda terletak pada angka 22.3. Jadi berat badan Anda tergolong normal dan tidak gemuk. Sedangkan apabila Anda merasa kurang olahraga, tidak ada salahnya Anda memulai berolahraga secara teratur, 3-5 kali seminggu masing-masing selama 30 menit.

Pengobatan yang diberikan pada jadwal haid yang tidak teratur akan disesuaikan dengan penyebabnya. Pada umumnya, disamping mengatasi faktor yang menjadi penyebab, dapat juga diterapi dengan menggunakan terapi hormon, diantaranya dengan mengkonsumsi obat kontrasepsi. Jenis hormon yang diberikan akan disesuaikan dengan jenis hormon yang mengalami penurunan dalam tubuh (yang tidak seimbang). Pasien yang menerima terapi hormonal sebaiknya dievaluasi 3 bulan setelah terapi diberikan, dan kemudian 6 bulan untuk reevaluasi efek yang terjadi.

Karena itu, kami menyarankan Anda kembali ke dokter kebidanan dan kandungan untuk evaluasi lebih lanjut serta pemberian terapi yang sesuai.

Berikut adalah artikel mengenai beberapa masalah haid:

Masalah Seputar Haid

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar