Sukses

Dada Kanan Sakit Saat Batuk

20 Oct 2014, 02:06 WIB
Pria, 26 tahun.
DADA KANAN SAKIT SAAT BATUK DAN TARIK NAPAS DALAM sekitar 1,5 bulan yang lalu, saya kena radang tenggorokan disertai batuk. Hingga saat ini hanya batuk yang tersisa, dan seminggu kebelakang, setiap saya batuk dada kanan saya terasa sakit. Bahkan bukan hanya batuk, ketika tarik nafas dalam, dan berbaring miring terasa sakit di dada kanan. Apakah yang harus saya lakukan, dan harus pergi ke dokter spesialis apa? lalu apakah karena batuk yang agak lama yang membuat dada kanan saya terasa sakit karena tarikan otot pada saat saya batuk? Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Bapak/saudara yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Nyeri dada dapat disebabkan oleh gangguan otot atau penyakit paru. Nyeri dada karena gangguan otot umumnya akan menghilang dengan pijatan atau obat pelemas otot, sedangkan nyeri dada karena penyakit paru dapat berlangsung cukup lama bergantung pada derajat penyakit parunya. Berdasarkan penjelasan yang Anda berikan, terdapat kecenderungan bahwa nyeri dada yang Anda rasakan berhubungan dengan gangguan yang mungkin terjadi pada paru Anda. Terutama karena nyeri baru timbul setelah Anda mengalami gejala infeksi saluran napas yang cukup berat, terutama saat Anda sedang menarik napas dalam.

Infeksi atau radang pada saluran napas terkadang dapat disertai peradangan pada selaput paru (pleura) yang dapat menimbulkan keluhan seperti yang Anda rasakan. Selain itu keluhan batuk lama yang ANda derita sebelumnya juga dapat merupakan gejala dari penyakit paru seperti TBC, bronkitis ataupun pneumonia.

Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan dugaan ini. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis paru untuk tatalaksana yang optimal. Dokter akan melakukan wawancara medis lengkap dan melakukan beberapa pemeriksaan (pemeriksaan fisis langsung, foto roentgen dada, EKG, dan pemeriksaan lain sesuai indikasi) untuk mengevaluasi berbagai kemungkinannya. Terapi yang terbaik baru dapat ditentukan setelah diketahui penyebabnya.

Berikut adalah link artikel terkait keluhan Anda:

TBC Paru

Pneumonia

Emfisema

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (SH)


Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar