Sukses

Pemilihan Metode KB

12 Aug 2013, 11:53 WIB
Wanita, 26 tahun.
Assalamualaikum wr. wb. dok saya mau tanya KB apa yang cocok untuk saya agar haid saya lancar...??? agar badan saya tidak bertambah gemuk. karena semenjak saya KB berat badan saya naik 20 kg. saya sudah 2.5 th menggunakan KB. 1.5 th pertama saya pakai KB suntik, tapi saya tidak haid. 8 bln saya pakai pil, tapi hanya 4 bln saya haid, berat badan saya pun turun 12 kg. namun setalah itu nggak haid lg. BB saya pun naik lagi. 4 bln saya kembali lagi pakai suntik, tetap tidak haid. saya sudah 2 bln ini berhenti KB, karena saya ingin haid. kira2 brp bln lg saya dapat haid?? KB apa ya dok yang cocok untuk saya?? agar badan saya tidak terlalu gemuk... Bidan2 menyarankan saya untuk KB Spiral, tapi saya ngga mau, takut.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

Saya memahami kekhawatiran Ibu. Penggunaan KB hormonal memang dapat memberikan efek samping seperti kenaikan berat badan, perdarahan yang tidak teratur, flek-flek dan juga bisa menyebabkan tidak mendapatkan haid. Hal tersebut merupakan hal yang wajar. 

Memang memilih jenis kontrasepsi dapat memberi kesulitan tersendiri. Jika Ibu tidak nyaman dengan efek samping dari kontrasepsi hormonal memang disarankan untuk menggunakan kontrasepsi non-hormonal seperti spiral, diafragma atau kondom. Apa yang Ibu takutkan terhadap pemasangan spiral? Bila dilakukan oleh tenaga medis terlatih maka Ibu tidak perlu takut mengenai pemasangan spiral sebagai metode kontrasepsi.

Untuk panduan informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel mengenai Serba-Serbi Metode Kontrasepsi. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar