Sukses

Kembung, nyeri dubur

17 Aug 2013, 01:45 WIB
Pria, 43 tahun.
Dok, kadangkala ( maaf ) bagian dubur saya terasa basah, kadang jg terasa perih jg dibasuh air, apakah ini karena buang angin (kentut)? saya jg sering kali kembung dan pernah suatu kali, saya merasakan ada aliran dari bagian perut yg sepertinya terhambat, membuat saya pusat seketika dan setelah minum air hangat, kembali normal, aliran terasa tersumbat dibagian perut ) dibagian bawah tengah dada atau sekitar lambung, apakah saya perlu didiagnosa mengunakan endoskopi Dok? Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Apakah anda pernah BAB berdarah? Apakah anda sering kembung? apakah ada mual? Muntah? Nyeri perut? 

Bila anda sering kembung, mungkin disebabkan oleh kondisi maag yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Pada orang yang mengalami keluhan akibat peningkatan asam lambung, maka sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, soda dan makanan yang banyak mengandung gas seperti beberapa jenis sayuran. Kebiasaan seperti merokok dan stress juga dapat  merangsang produksi asam lambung. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya setiap hari. 

Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah mengadopsi pola makan gaya hidup yang sehat, selain juga terus berkonsultasi dengan dokter Anda. Pengobatan kondisi Anda dapat memakan waktu sebentar atau juga butuh waktu panjang, jangan putus asa dan komunikasikanlah kekhawatiran Anda dengan dokter Anda.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat membantu menjelaskan kondisi Anda:

Dispepsia

Gastritis

Menghilangkan Kembung

Mencegah Kembung

Untuk dubur yang perih, mungkin terjadi luka pada anus anda yang biasa disebut sebagai fisura ani. Sebaikanya dilakukan pemeriksaan dalam pada dubur anda, untuk mengetahui masalah apa yang terjadi. Anda dapat konsultasi pada dokter speciais penyakit dalam. Yang anda dapat lakukan sekarang adalah cobalah mengkonsumi air putih lebih banyak serta sayur lebih banyak (banyak mengkonsumsi serat). 
 
Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)
 
Salam, 
Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar