Sukses

Masturbasi vs. Disfungsi Ereksi

19 Oct 2014, 21:55 WIB
Pria, 24 tahun.
dok saya maw nanya saya sudah masturbasi sejak 12 tahun (hampir setiap hari) dan diumur 24 tahun saya mulai susah ereksi , tidak mampu mempertahankan ereksi dan saya mengalami overweight ( perut buncit ) 1. apakah itu merupakan gejala disfungsi ereksi 2. apakah sering onani membuat disfungsi ereksi 3. apakah overweight membuat disfungsi ereksi ? jika ya , apakah dengan mengurangi berat badan bisa mengembalikan fungsi ereksi menjadi baik lagi 4.apakah disfungsi ereksi bisa sembuh dengan sendiri nya ( tanpa obat / terapi )
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

  1. Disfungsi ereksi memang mencakup kesulitan untuk mempertahankan ereksi untuk melakukan aktivitas seksual yang baik. Dan penilaiannya dapat dilakukan dengan menggunakan kuesioner "The International Index of Erectile Function". Namun penilaian disfungsi ereksi ini memang baru dapat dilakukan jika telah melakukan hubungan seksual dengan stimulasi seksual yang adekuat. Bila belum melakukan hubungan seksual, belum dapat dikatakan mengalami disfungsi ereksi. Apakah Anda masih dapat ereksi di pagi hari?
  2. Onani atau masturbasi tidak secara langsung menyebabkan disfungsi ereksi. Namun, kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari). Kebiasaan melakukan masturbasi dapat menimbulkan masalah psikis dimana timbul pikiran terus menerus untuk melakukan masturbasi dan juga dapat menimbulkan perasaan bersalah. Masalah psikis tersebut dapat secara tidak langsung menyebabka disfungsi ereksi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya. 
  3. Berat badan memang dapat mempengaruhi drive sex (libido). Pada penderita obesitas, kadar testosteron di dalam darah relatif menurun dibandingkan dengan orang normal. Hal tersebut menyebabkan penurunan libido dan dapat pula menyebabkan disfungsi ereksi. 
  4. Untuk mengatasi disfungsi ereksi terlebih dahulu perlu diketahui penyebabnya. Berdasarkan penyebabnya maka disfungsi ereksi dapat diatasi.

Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah menurunkan berat badan untuk mencapai berat ideal mencapai 63-77 kg, dengan menurunkan sekitar 0,5 kg/minggu. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan berolah raga teratur. Jangan tergiur untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat karena malah akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak terbiasa melakukan masturbasi. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, dll. Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi seperti melihat gambar atau membaca buku-buku yang merangsang. 

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel: Bermasturbasi Pada Pria.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar