Sukses

Penanganan Gigitan Hewan

20 Oct 2014, 01:35 WIB
Pria, 31 tahun.
Salam Hormat, Putri saya digigit dan dicakar kucing. Dan saya tidak segera membawanya ke dokter, melainkan hanya membersihkan bekas gigitan dengan air kemudian memberinya betadine. Kemudian malam harinya baru kami bawa ke dokter. Ketidak sigapan tersebut dikarenakan awam dan ketidak fahaman kami. sebab kami berasumsi bahwa hal tersebut bukanlah hal yang terlalu berbahaya. Ketika di bawa ke dokter, ternyata dokter bilang bahwa kami terlambat, karena seharusnya begitu digigit dan dicakar langsung di bawa ke dokter agar segera di suntik anti rabies. akhirnya dokter hanya membersihkan lukanya kembali dan memberikan antibiotik pada putri saya. Awalnya saya tidak terlalu khawatir, namun karena dokter menyatakan bahwa kami terlambat tersebut saya jadi khawatir. Akhirnya saya mencari tahu kondisi kucing yang menggigit putri saya itu. secara kasat mata saya melihat tidak ada tanda-tanda kalau kucing itu tidak sehat. Matanya besar bersih, badannya cukup bersih dan sehat. hanya saja saat itu dia sedang birahi dan ingin kawin dengan kucing yang ada dirumah kami. Saya ingin tanya, apakah benar suntikan vaksin anti rabies harus diberikan sesaat setelah kejadian. Hingga bila terlambat beberapa jam sudah tidak bisa diberikan lagi? dan apa kira-kira langkah saya untuk mengantisipasi kemungkinan agar anak saya tidak terkena rabies pasca gigitan tersebut. dan apakah gejala-gejala awal rabies akibat gigitan kucing ? mohon bantuan pencerahan .terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam Saya untuk buah hati Anda. 

Pemberian suntikan vaksin dan serum anti rabies biasanya harus segera diberikan dengan kecurigaan tinggi bahwa binatang yang menggigit terkena rabies. Gejala hewan yang terkena rabies adalah hewan tersebut cenderung menyendiri dan bersembunyi di tempat gelap, tidak mau makan dan minum, sangat garang dan galak, mudah teriritasi, air liur terus menetes, meraung-raung atau dapat juga mengalami kelumpuhan.

Bila hewan yang menggigit tidak menunjukkan gejala yang jelas mengidap rabies maka yang perlu dilakukan adalah:

  1. Menanyakan kepada pemilik apakah hewan tersebut sudah disuntik rabies.
  2. Segera mencuci luka dengan sabun dan air bersih yang mengalir selama 15-20 menit untuk mencegah infeksi. Jika luka dangkal, rawat luka dengan obat antiseptik. Setelah itu bawalah ke dokter agar dokter dapat mengobservasi luka.
  3. Jika luka sangat dalam dan terjadi perdarahan aktif, tutuplah sumber perdarahan dengan kasa/kain dan segera bawa ke dokter.
  4. Observasi hewan dalam 7-10 hari.
  5. Jika dalam 7-10 hari, hewan menunjukkan gejala-gejala rabies sebaiknya orang yang digigit harus segera dibawa ke dokter.

Bagaimana dengan kondisi kucing yang telah menggigit anak Anda saat ini? Jika hewan yang menggigit anak Anda tidak menunjukkan gejala rabies maka Anda tidak perlu khawatir. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar