Sukses

Kolesterol Tinggi

13 Aug 2013, 21:13 WIB
Pria, 49 tahun.
Berdasarkan hasil pemeriksaan medis saya memiliki : 1.Kolesterol:239 mg/dl 2.Asam urat:2,4 mg/dl 3.Glukosa:226 mg/dl 4.Tekanan Darah 124/77 mmhg kali/menit Pertanyaan saya termasuk dalam kategori beresiko tinggi dan bagaimana solusinya..?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Apakah yang Anda sebutkan di atas adalah kolesterol total? Nilai kolesterol total yang baik sebaiknya < 200 mg/dL. Jika nilai kolesterol Anda 239 mg/dL maka termasuk tinggi dan memang dapat meningkatkan risiko kejadian penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Selain kadar kolesterol total, perlu juga diketahui profil lipid Anda secara keseluruhan, yaitu: kadar kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida. Profil lipid yang lengkap memberikan informasi yang lebih menyeluruh.

Sementara itu, kadar asam urat dan tekanan darah Anda saat ini tampaknya normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, kadar glukosa/gula darah Anda tampaknya bermasalah. Apakah kadar gula darah Anda diambil pada saat puasa atau secara acak (tanpa puasa)? Apabila dengan puasa, maka kadar normalnya seharusnya 70-100 mg/dl, sedangkan pada keadaan tanpa puasa seharusnya <125 mg/dl. Artinya Anda termasuk ke dalam kategori seseorang dengan gangguan metabolisme glukosa dan kemungkinan terkena diabetes atau kencing manis. Oleh sebab itu Anda sebaiknya menemui dokter sambil membawa hasil lab tersebut untuk mendapatkan obat untuk menurunkan kadar gula darah Anda.

Selain itu, Anda sebaiknya segera mulai mengubah pola makan Anda dengan mengurangi makanan berlemak dan gula serta makan teratur dengan gizi berimbang. Anda juga perlu berolah raga 3 hingga 5x seminggu masing-masing sesi selama minimal 30 menit, contohnya dengan bersepeda atau berjalan kaki.

Setelah 3 bulan, Anda perlu memeriksakan kembali kadar kolesterol dan gula darah Anda ke dokter Anda.

Berikut adalah beberapa rubrik yang berisi artikel-artikel untuk membantu Anda memahami diabetes dan kolesterolemia:

Pengendalian Kolesterol

Penanganan Diabetes

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (SH)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar