Sukses

Sulit Kencing

18 Oct 2014, 09:51 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat pagi dok. Dok, aku mau tanya tentang sulit buang air kecil. Udah ada keluhan dari sebulan yang lalu, terus periksa ke dokter dan dikasih obat urugetix. Tapi gejalanya timbul lagi seminggu yang lalu. Kemudian diberikan uroetix lagi untuk 3 hari kedepan. Saya sudah pernah periksa URINE, darah (ureum dan kretinin), USG ginjal dan kandungan dan semuanya baik dokter. Saya disarankan agar minum air putih banyak kurang lbh 2 liter tapi masih urine yang keluar masih sedikit. Bagaimana agar urine tsb bisa lancar kembali dr? Apakah ada penyakit berbahaya jika dilihat dari gejala2 tsb? Terima kasih dr,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Apakah saat ini Anda masih mengalami rasa nyeri saat berkemih atau BAK? Berbagai keluhan yang Anda alami terjadi akibat adanya infeksi kuman pada saluran kemih Anda (Infeksi Saluran Kencing atau ISK).  Secara anatomi, saluran kemih bagian bawah perempuan (uretra) merupakan saluran yang sangat pendek dan bermuara dekat vagina. Karena itu saluran kemih perempuan lebih mudah terkena infeksi daripada laki-laki. Jika ada infeksi dalam vagina, infeksi tersebut mudah menyebar ke saluran kemih dan menimbulkan berbagai keluhan buang air kecil, seperti yang pernah Anda rasakan. Begitupun dengan kontaminasi dari anus.

Oleh sebab itu sangat penting untuk senantiasa memperhatikan kebersihan dan kekeringan daerah genitalia Anda. Jika membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jangan gunakan celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat untuk menghindari keadaan yang lembab. Hindari penggunaan panty liner yang mengandung pengharum (terlebih bila digunakan > 6 jam), serta produk pembersih vagina yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam vagina.

Saat ini, teruskanlah saran dokter Anda dan diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai keluhan Anda. Teruskan minum banyak air putih dan teruskan obat selama dokter Anda menganjurkannya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar