Sukses

Tekanan Darah Tinggi & Sakit Ginjal

13 Aug 2013, 17:56 WIB
Wanita, 56 tahun.
Dok,ibu saya punya tekanan darah tinggi dan pernah terjatuh sampe amnesia,setelah ibuku menkonsumsi obat piracetam yang 1200 ml sama nifedipine trus amlodipine obat2 tersebut apa ada efek sampingnya ke ginjal Dok?soalnya ibu saya ada keluhan pinggangnya sakit dok?maaf dok mau berobat gak ada biaya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter


 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam Saya untuk Ibunda Anda. Saya memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawan pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan.

  • Apakah tekanan darah Ibu Anda terkontrol selama ini?
  • Apakah rutin memeriksakan tekanan darah?
  • Apakah obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah tinggi dikonsumsi dengan rutin selama ini?

Hingga saat ini, penelitian terhadap efek obat nifedipin maupun amlodipin atau piracetam terhadap ginjal menunjukkan bahwa obat-obatan tersebut tidak memberikan efek yang buruk terhadap ginjal. Namun, yang saya khawatirkan adalah kondisi tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol pada Ibu Anda yang menyebabkan adanya gangguan ginjal. Meskipun keluhan sakit pinggang Ibu Anda perlu ditelusuri lebih jauh. 

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, persarafan tulang belakang). Sulit bagi Saya untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya. 

Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Ibu Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan buang air kecil Ibu Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Penanganan sakit pinggang saat ini adalah dengan mengonsumsi obat anti nyeri (analgesik) serta mencari penyebab sakit pinggang Ibu Anda dengan mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Ibu Anda juga perlu kontrol ke dokter untuk memeriksakan tekanan darahnya dan memastikan bahwa tekanan darahnya terkontrol dan obat yang diberikan sudah sesuai dosisnya.

Untuk informasi tambahan Anda, kami sertakan artikel:

5 Bahaya karena Tekanan Darah Tinggi

Semoga Ibu Anda dapat kembali merasa nyaman dan sehat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                        

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar