Sukses

Bekas Luka Operasi Anus

13 Aug 2013, 17:36 WIB
Pria, 23 tahun.
assmlikum dok, saya sudah operasi fisura ani. dan udah mulai sembuh,,, tapi kemaren saya BAB kebetulan feses saya keras dan agak sedikit kering tpi hanya pada ujung feses saja kira2 3cm an panjangnya, setelah ujungnya keluar itu baru feses yg lunak keluar tapi agak besar, dan yang saya rasakan sama seperti belum operasi dengan ciri : luka robek pada lobang anus, perih jika terkena air, ketika di cuci. yang saya cemaskan apakah opersinya gagal dok...???? saya takut sekali... (waktu operasi pada bagian dismping anusnya) trma ksih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda sudah datang ke dokter untuk kontrol?

Keluhan Anda dapat disebabkan karena terjadi perlukaan baru, yang tidak besar, karena proses buang air besar yang sulit.

Anda perlu memastikan bahwa kotoran yang Anda keluarkan saat BAB dalam konsistensi lunak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa tips dalam artikel: "7 Cara Mencegah Sulit BAB". Dengan membuang kotoran dengan konsistensi lunak maka akan mengurangi tekanan dan beban pada daerah anus sehingga bekas luka dapat menyembuh dengan lebih baik dan tidak tercipta luka baru. 

Saya sarankan Anda datang kontrol ke dokter Anda agar dokter dapat melihat langsung keluhan dan luka operasi dan menentukan penanganan lanjutan yang diperlukan karena sulit bagi Saya untuk menentukan kondisi luka Anda tanpa melakukan pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar