Sukses

Anak Pilek & Hewan Peliharaan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 30 tahun.
mau tanya dok anak saya umur 4 bulan,waktu lair BB 3,7 dan TB 51. kemaren sakit batuk , pilek, dan panas.suami hobi memelihara burung.. 1. apakah sakit anak saya ada hubungannya dengan hewan peliharaan? 2. suami juga punya alergi terhadap debu,apakah anak saya juga punya alergi juga? itu saja pertanyaan dari saya dok...terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam Saya untuk buah hati dan suami Anda.

1. Apakah sakit anak saya ada hubungannya dengan hewan peliharaan?

Hingga usia 1 tahun, seorang anak memang dapat sakit 8-10 kali karena daya tahan tubuh yang memang belum sempurna. Flu atau batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan memang tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi terhadap debu, bulu binatang, dll. Jika disebabkan oleh karena infeksi virus maka biasanya disertai dengan demam/panas. Namun, jika karena disebabkan oleh alergi maka biasanya tidak disertai dengan demam. Saat ini sudah berapa lama buah hati Anda terkena flu? Jika disertai dengan panas badan maka kemungkinan besar bukan disebabkan alergi tapi karena infeksi virus.

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

2. Suami juga punya alergi terhadap debu, apakah anak saya juga punya alergi juga?

Anak yang memiliki salah satu orang tua yang alergi memiliki kemungkinan juga untuk mengalami alergi. Untuk panduan informasi lengkap Anda kami sertakan artikel: Melindungi Anak dari Alergi.

Demikian informasi yang disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar