Sukses

Bekas Luka Operasi Anus

19 Oct 2014, 21:37 WIB
Pria, 23 tahun.
assmlkum dok. saya udah pas 1 bulan pasca operasi fisura. dan luka sudah menutup. tapi kenapa ya. bekas luka sperti tertusuk duri jika ditekan..??? pakah belum sembuh dan apakah tidak apa2 dok..? agak sedikit bentol dan nyeri... dan baru saja terasa saat bab lubang anusnya terasa perih lagi dok saat bab.krena sedikit agak parah.. pakah operasinya gagal atau giman dok,,??? saya sangat,,,sangat,,, cemas sekali... perwatan selama pasca operasi saya lakukan setiap harinya berendam tiap hbis bab. min 3 kli sehariselama 15 menit dgan pk obat yang dkasih dokternya amoxilin,anfix100mg,paracetamole. terima kasih dok..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda masih mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter? Obat-obatan tersebut harus tetap dikonsumsi sampai waktu yang telah ditentukan dokter. Apakah Anda sudah datang ke dokter untuk kontrol?

Keluhan Anda dapat memiliki 2 arti. Yang pertama adalah adanya rasa nyeri kronik psikologik yang memang belum tertangani dan memerlukan obat anti nyeri yang lebih kuat. Yang kedua, keluhan Anda dapat disebakan karena proses penyembuhan luka operasi biasanya berkisar antara 3-6 bulan. Hal ini memang sangat bergantung pada besar luka operasi yang terjadi.

Apa yang Anda lakukan sudah baik, yaitu dengan mengikuti saran pengobatan dengan rutin dan teratur. Saya sarankan Anda datang kontrol ke dokter Anda agar dokter dapat melihat langsung luka operasi dan menentukan penanganan lanjutan yang diperlukan.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa kotoran yang Anda keluarkan saat BAB dalam konsistensi lunak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa tips dalam artikel: "7 Cara Mencegah Sulit BAB". Dengan membuang kotoran dengan konsistensi lunak maka akan mengurangi tekanan dan beban pada daerah anus sehingga bekas luka dapat menyembuh dengan lebih baik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar