Sukses

Kesemutan & Mudah Lelah

20 Oct 2014, 01:59 WIB
Pria, 39 tahun.
Slamat pagi dok... ada yang saya tanyakan saya sdh lama mengalami kesemutan yaitu apabila sy jongkok krg lebih 5 menit kaki sy lgsng kesemutan begitu juga klo sy berdiri terlalu lama telapak kaki terasa panas dan capek kemudian tuk tangan klo ketindihan barang sebentar saja langsung kesemuta dan klo buat ngangkat barang mudah capek sy sdh cek darah semuany Normal mohon penjelasannya dok.. trims...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki Anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut. Hal tersebut adalah hal yang wajar.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Beberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, jongkok, tertindih barang, dll dalam jangkat waktu yang cukup lama)
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb

Berapa lama kesemutan Anda berlangsung? Apakah setelah Anda mengubah posisi Anda kesemutan hilang?

Jika kesemutan Anda hilang setelah mengubah posisi dan tidak berlangsung lama, maka Anda tidak perlu khawatir karena hal ini termasuk wajar.

Jika keluhan kesemutan Anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga Anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Untuk keluhan mudah lelah, bagaimana dengan aktivitas Anda sehari-hari? Bagaimana dengan pola makan dan pola istirahat Anda? Apakah Anda berolah raga? Apakah Anda menjalani pola hidup sehat?

Apa saja pemeriksaan darah yang Anda lakukan?

Selain dari adanya kemungkinan penyakit, sebenarnya pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan rasa mudah lelah, sering lemas dan kurang bersemangat.

Apabila hasil pemeriksaan kesehatan Anda normal, maka mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum menjalani pola hidup sehat. Jalani pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 7-8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar