Sukses

Bibir Kering

17 Aug 2013, 01:27 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dokter, saya memiliki masalah pada bibir. Bibir saya pecah-pecah sampai kadang-kadang sakit untuk tersenyum/tertawa karena lukanya robek kalau bibir dipakai untuk senyum. Bibir saya warnanya pucat sehingga sering disangka orang sakit. Bibir saya sudah begini kurang lebih 4 tahunan & tidak sembuh-sembuh, walaupun saya sudah berusaha mengobatinya sendiri dari memakai lip-balm sampai mengoleskan madu. Awal kering mungkin disebabkan tidak terbiasa dengan AC di kantor ketika saya bekerja dulu, lalu saya pakai lip-balm tetapi tidak berpengaruh, bibir tetapi kering & mengelupas. Saya tidak tahu persis penyebab awalnya AC atau karena tidak cocok dengan lip-balm. Saya makan cukup 4 sehat 5 sempurna & tidak kekurangan minum air. Kira-kira kenapa ya dok, dan bagaimana cara menanggulanginya, karena lama-lama bibir saya ini membuat saya tidak percaya diri dengan penampilan saya & saya ingin bibir saya lembut & kenyal seperti ketika saya kecil dulu. Demikian pertanyaan saya, dok. Terima kasih, dokter. :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Penyebab dari bibir kering adalah lapisan minyak dari bibir yang hilang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti : paling sering oleh udara dingin (dalam kondisi anda mungkin kulit bibir anda sensitif jadi mudah kering bila terkena AC), terutama pada udara yang kering, dan juga oleh kebiasaan menjilat bibir. 

Yang harus anda lakukan adalah mengkonsumsi banyak air putih. Lip Balm sebenarnya hanya mepunyai efek yang sementara, banyak data yang menyebutkan bahwa petroleum jelly dapat menyembuhkan, dan beberapa produk yang mengandung lonolin mungkin anda bisa dapatkan jenis obat-obatan ini bila anda konsultasi ke dokter specialis kulit dan kelamin. Coba hindari menjilat bibir anda dahulu saat ini, dan konsumsi air putih yang lebih banyak. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermnafaat (EA).

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar