Sukses

Bengkak, sulit berkemih

17 Aug 2013, 01:20 WIB
Pria, 25 tahun.
pagi dok_ ini bukan saia yang sakit melainkan bpk saya Bapak saya sakit deabetes dan jantung juga kolestrol yang saya tanyakan Kenapa ya dok bapak saya Buang air kecilnya nda lancar? sehingga mengakibatkan cairan itu menumpuk di lapisan kulit sehingga tubuh bengkak semua. umur 61th berat 50. tinggi 165. trimakasih di tunggu balasannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Sebelumnya apakah bapak pernah memeriksa fungsi ginjal? Buang air kecil yang tidak lancar pada pria usia tua dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : 

- Batu saluran kemih

- Infeksi saluran kemih

- Prostat 

- Kelainan pada ginjal

- Kelainan pada organ urinasi (ginjal, saluran air kemih, buli-buli) 

- Kegagalan fungsi jantung

Bengkak (edema) yang terjadi pada tubuh dapat berebntuk 2 yaitu pitting dan non-pitting edema. Pitting edema (bengkak) yaitu bengkak dimana sulit kembali saat di tekan, dan non-pitting adalah bengkak yang bentuk tidak berubah bila ditekan. Pitting edema biasanya disebabkan oleh retensi cairan yang disebabkan oleh kegagalan fungsi hati, jantung, atau ginjal. Non-pitting biasanya disebabkan oleh kelainan kelenjar tiroid. 

Kondisi bapak yang biasa disebut sebagai edema anasarka (bengkak seluruh tubuh) merupakan kondisi yang cukup berbahaya. Kami menganjurkan agar bapak segera diperiksakan ke dokter specialis penyakit dalam untuk diketahui penyebabnya ditambah bapak ada riwayat sakit jantung dan kolestrol, mungkin saja ada kelainan funngsi jantung. Apakah bapak ada sesak bila berjalan? sesak bila tidur terlentang sehingga harus menggunakan beberapa bantal? Bila ya, kemungkinan sudah terjadi kegagalan fungsi jantung. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar