Sukses

Luka post op fisura ani

19 Oct 2014, 18:23 WIB
Pria, 23 tahun.
asslmkum wr,wb saya mau tanyo dok.. saya baru saja sudah operasi fisura ani. kira-kira udah 1 bulan.. dan setelaah 3 migggu semua luka udah mentup, tapi ada 1 bekas lobang jahitannya yang masih nyeri hingga sekarang dok, dengan ciri fisik sebagai berikut : 1. pada bekas jahitan tersebut, bentol, berbintik menrah seperti digigit nyamuk. 2. sebelmnya keluar nanah dan darah sedikit kira2 1 tetes tiap harinya. 3. disekitar bentolan tsb agak nyeri dan sedikit bengkak. dan semiggu sesudah itu saya konsul katan dokter yag ope tidak apa apa. namun hingga sekrang nyeri masih terasa nyeri, dan bentolan tersebut setelah konsul, sekarang udah menutup dan agak kehitaman tapi tetap meninggalkan jejak seperti bentol trsebut, 5 hari kemudian bentolan tsersebut merah sebesar jarum jahit kira2. dan keluar sedkir sekalai nanah tidak sampai tetes dan nanah tersebut mngeluarkan benang jahitan, yng pnjangnya tidak sampai 1 mm. dan sekarang masih nyeri,, apakah ini tidak apa dok..?? apakah bisa sembuh sendirinya??? dan berapa kira2 sembuhnya,,??? dan obar apa yang bisa untuk mempercepat penyembuhannya.. terima kasih dok..... wasalam.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bagaimana dengan perawatan luka post operasi Anda selama ini? Apakah Anda rutin melakukan mengganti perban? Apakah pada bentol tersebut terasa gatal? Jika gatal, apakah sering Anda garuk? Apakah sudah dilakukan pencabutan benang? Pengobatan post operasi apakah yang Anda dapatkan? Apakah Anda mendapatkan salep/krim antibiotik?

Sayang sekali kami tidak dapat menilai bagaimana luka post operasi Anda. Namun kami menduga Anda mengalami infeksi yang dapat disebabkan oleh berbagai hal: misalnya perawatan luka Anda yang kurang baik sehingga menyebabkan infeksi. Kami menyarankan agar Anda dapat kembali ke dokter bedah yang melakukan tindakan operasi Anda karena beliau yang mengetahui secara pasti teknik operasi, indikasi operasi, riwayat Anda dan luka post operasi Anda. 

Untuk sementara hal yang Anda dapat lakukan di rumah adalah mencuci dan merawat luka post operasi Anda secara rutin, dapat menggunakan cairan saline seperti NaCl (jangan menggunakan alkohol) dan tanyakan kepada dokter bedah Anda apakah diperlukan krim/salep antibiotik untuk diaplikasikan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO).

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar