Sukses

Typhoid pada ibu hamil

20 Oct 2014, 07:32 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, saya lg hamil muda. Badan saya lemes banget, demam tinggi, perut sakit, saya takut kena gejala Tipes. Penyakit saya sering seperti itu. Kira2 obat typus apa yang aman untuk ibu hamil?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Untuk mendiagnosa suatu kelainan kulit dibutuhkan:

  • Wawancara lebih lanjut seperti: sudah berapa lama Anda mengalami demam? Bagaimana pola demamnya? Apakah berlangsung terus menerus sepanjang hari atau pada malam/siang hari saja? Bagaimana pola BAB Anda? dsb
  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan penunjang

Dan yang terakhir baru disimpulkan suatu diagnosa agar kemudian ditentukan tata laksana yang lebih komprehensif.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Kami juga menyarankan agar Anda tidak sembarangan mengonsumsi obat tanpa pengawasan dokter.

Penyakit tifus/demam tifoid merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi  dan merupakan salah satu penyakit infeksi yang cukup sering ditemukan di masyarakat. Pada sebagian pasien, apabila tidak ditangani dengan tepat, maka dia dapat menjadi carrier/pembawa kuman tersebut. Pasien tersebut pada umumnya tidak memperlihatkan gejala demam tifoid, akan tetapi dapat menularkan penyakit tersebut kepada orang lain. Hal ini terjadi melalui mekanisme fekal (tinja)-oral (mulut). Mekanisme ini dimulai pada saat pasien karier tersebut buang air besar (BAB), maka kuman Salmonella typhi tersebut akan ikut keluar bersama dengan tinja (fekal). Apabila setelah membersihkan daerah anus (pantat) pasien tersebut tidak mencuci tangan dengan bersih, maka kuman akan berada di tangan pasien. Apabila setelah itu pasien tersebut mempersiapkan makanan/minuman dengan tidak higienis, maka kuman tifus akan berada di makanan dan dapat menular kepada orang lain melalui makanan yang masuk ke dalam mulut (oral). Selain itu, jika pasien carrier BAB di sungai yang airnya juga digunakan sumber air minum/mandi, maka air tersebut dapat pula terkontaminasi oleh kuman Salmonella typhi. Kuman Salmonella typhi dapat pula ditemukan pada air seni. Oleh karena itu pengobatan pasien secara optimal, vaksinasi, perilaku menjaga kebersihan diri, dan mempersiapkan makanan secara higienis memegang peranan penting untuk memutus rantai penularan. 

 

 

Untuk menghindari terinfeksi oleh kuman Salmonella typhi, tentu saja kita harus menjaga kebersihan diri, biasakan mencuci tangan sebelum makan dan pastikan makanan dan minuman yang kita konsumsi terjaga higienisitasnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO).

Salam,

 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar