Sukses

Bercak Putih di Wajah

13 Aug 2013, 09:14 WIB
Wanita, 18 tahun.
dokter, saya mau bertanya.. kulit wajah saya itu terdapat bercak2 putih seperti panu.. awalnya tidak ada, ibu saya bilang itu di karenakan jamur, jadi ibu saya memberi salep digenta untuk di oles tipis2 pada wajah..sy pakai sebulan lebih tapi tidak ada perubahan..jd ibu saya memberi lagi salep inerson. memang beberapa titik ada yg memudar tp tetap sj tidak hilang. saya termasuk orang yang berganti produk perawatan wajah..ada beberapa produk yg membuat bercak putih di wajah saya menjadi tambah parah dok.. terakhir saya hnya menggunakan sunscreen dr salah satu produk la****p memang bercak putihnya memudar, tp tidak hilang sepenuhnya. sy jadi frustasi sendri tiap lihat wajah saya, krn wajah sy jadi belang.. saya malu dok. mohon pencerahannya dok :) terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

 Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu : 

  • hipopigmentasi sesudah peradangan/luka di kulit

  • pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

  • pitiriasis alba

  • lepra

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Pada hipopigmentasi sesudah peradangan, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi / laser. Pitiriasis alba biasanya terjadi pada kulit atopi (berbakat alergi) dan seringkali disebabkan karena paparan sinar matahari. Sedangkan pada lepra biasanya disertai dengan rasa baal atau hilang sensasi pada daerah dengan bercak putih tersebut.

Menurut keluhan Anda, tampaknya bercak ini dapat disebabkan oleh pitiriasis alba ataupun peradangan sebelumnya karena berganti-ganti produk perawatan wajah. Apabila karena memang karena terpapar sinar matahari, untuk itu sebaiknya Anda terus menggunakan tabir surya dengan SPF 30, untuk mencegah kulit wajah Anda terpapar sinar matahari. Usahakan sesedikit mungkin kontak dengan sinar matahari. Sedangkan untuk bercak keputihan yang sudah timbul, diamkan saja karena perlahan -lahan akan hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, gangguan di kulit akan lebih mudah dipastikan apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya tidak akan memberikan hasil yang efektif dan malah dapat menyebabkan perburukan. Oleh karena itu, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai penyebabnya. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (SH)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar