Sukses

Sakit Kepala Sebelah

13 Aug 2013, 01:42 WIB
Wanita, 17 tahun.
dok saya sering mengalami sakit kepala sebelah secara bergantian, dan rasanya itu cenut-cenut dan jika kambuh saya terkadang juga mual dan lemas,kalau sudah kambuh sakit sekali,akan terasa sakit jika saya bangun siang... apakah ini berbahaya,,bagaimana mengatasinya dok ? terima kasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Sakit kepala sebelah disebut juga migren (migrain). Migren dapat terjadi pada setengah wajah, termasuk daerah dahi, sering juga sampai daerah mata dan pipi. Dasar dari migren adalah adanya pelebaran/pembengkakan pembuluh darah otak yang menimbulkan rasa nyeri karena menekan jaringan di sekitarnya. Oleh karena itu, kafein yang mempunyai efek konstriksi (penyempitan) pembuluh darah, berguna dalam mengatasi gejala migren.

Pencetus-pencetus serangan migren, umumnya berupa bau-bau tertentu, perubahan pola tidur, terlambat makan, stress psikis ataupun fisik, asap rokok, dll. Sedangkan makanan-makanan yang dapat memicu, antara lain:

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine atau difermentasi (keju)
  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) / vetsin
  3. Alkohol
  4. Caffeinated (minuman bersoda, teh, kopi)

Jadi sebaiknya Anda mencoba mengidentifikasi apa saja yang mencetuskan serangan migren sehingga dapat dihindari pada masa yang akan datang. Anda sempat menyebutkan bangun siang sebagai pencetus, berarti untuk mencegah migren terjadi berikutnya, sebaiknya Anda biasakan pola tidur atau jam tidur yang teratur setiap harinya.

Sedangkan untuk mengurangi nyeri Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan sakit kepala yang mengandung kafein yang dijual bebas. Jika sakit berlanjut atau obat bebas yang diminum tidak lagi efektif, sebaiknya Anda menemui dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat migren yang dapat dibeli dengan resep dokter, seperti ergotamin. Ergotamin juga memiliki efek konstriksi pembuluh darah serta menghambat transmisi saraf trigeminal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar