Sukses

Kumis Tipis dan Rambut di Kemaluan

20 Oct 2014, 01:59 WIB
Wanita, 17 tahun.
Dok mau nanya nih,saya dulu pernah nyoba nyukur kumis saya yang tipis,gak taunya sekarang malah jadi lebat tumbuhnya dok,apa yang harus saya lakukan dok , ada gak perawatan sendiri di rumah yang aman yang bisa saya lakukan untuk mencegah munculnya kumis tipis saya ? Dok saya juga sering mencukur bulu halus di miss V saya terus sekarang warna miss V saya menjadi gelap, bagaimana cara mencukur dan memakai apa untuk mencukur bulu agar kebersihan dan warna kulit di miss V tetap terjaga dok,terutama jika kita ingin melakukan perawatan sendiri di rumah dok ? Dan ada tidak dok tips menjada kesehatan miss V dan cara mengetahui kalau miss V kita sehat dan bersih dok ? Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dapat dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mencukur. Mencukur memang merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Selain mencukur, beberapa metode yang dapat dilakukan adalah dengan mencabut bulu baik dengan waxing ataupun pinset. Apabila Anda tidak keberatan dengan rasa sakit, mungkin metode waxing dengan menggunakan waxing strip yang dapat dibeli di apotik atau pusat perbelanjaan dapat Anda coba di rumah.

Rambut di sekitar kemaluan memiliki fungsi untuk melindungi daerah sensitif tiap individu. Rambut kemaluan dapat dihilangkan dengan cara mencukurnya dengan menggunakan pisau cukur. Tidak ada masalah dengan mencukur rambut kemaluan atau tidak. Yang perlu diperhatikan adalah agar menjaganya tetap bersih. Daerah kemaluan yang berambut dan tidak dicukur memang rentan untuk menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Namun, jika dijaga kebersihannya, maka baik dicukur maupun tidak maka daerah kemaluan akan tetap sehat. 

 

Sangat penting untuk memperhatikan cara mencukur dengan baik hingga tidak melukai daerah kemaluan. Sebaiknya rambut kemaluan dibasahi dengan air hangat dan diberi sedikit sabun agar proses mencukur menjadi lebih mudah. 

Menjaga kebersihan vagina tidak susah dan cukup sederhan. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan:

  1. Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Lakukan setiap kali mandi. 
  2. Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Hindarilah menggunakan celana dalam yang berbahan sintetik dan tidak menyerap keringat karena akan meningkatkan kelembaban di daerah kemaluan. Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari.
  3. Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam.
  4. Setelah buang air, pastikan arah membersihkan vagina adalah dari depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari saluran pencernaan atau anus tidak sampai ke area vagina. Selain itu jangan lupa untuk mengeringkan vagina menggunakan handuk bersih atau tissue kering.
  5. Hindari berbagai produk pembersih vagina sebab dapat mengubah flora normal vagina. Jika sampai terpaksa harus menggunakan pembersih vagina, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan dan kebidanan tentang produk apa yang harus digunakan.

Cara mengetahui apakah vagina bersih dan sehat adalah bila tidak mengalami keluhan tentunya, seperti tidak ada keputihan, tidak gatal dan tentunya tidak berbau.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar