Sukses

Kaki Bengkak Sebelah

17 Aug 2013, 10:19 WIB
Wanita, 48 tahun.
DOK, saya penderita diabetes sudah setahun ini, gula darah tertinggi berkisar 240 dan terakhir (bulan lalu) sekitar 150, nah saya ingin bertanya, akhir2 ini kaki kanan saya suka bengkak seperti waktu hamil dulu, apakah ada hubungannya dengan penyakit diabetes sy?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf karena informasi yang Anda berikan tidak lengkap. Kaki bagian mana yang bengkak? Sampai mana bengkaknya? Punggung kaki, pergelangan kaki, betis, lutut, atau paha? Apakah sakit? Apakah ada warna kemerahan? Apakah ada riwayat trauma/terbentur sebelumnya? Apakah ada tergigit binatang/serangga? Seberapa besarkah bengkaknya? Apakah ada luka sebelumnya? Sejak kapan bengkak mulai terjadi? Apakah bengkak menghilang dengan sendirinya? Apakah selama ini Anda mengalami keluhan buang air kecil (urin berbusa, jumlah urin sedikit)?

 

 

Bengkak di sebelah kaki bisa bermacam-macam sebabnya, mulai dari trauma (terbentur), terkena infeksi, sumbatan pembuluh darah, dll. Untuk itu saya sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara mendetil dan pemeriksaan langsung. Mungkin saja bengkak kaki Anda tidak berhubungan dengan diabetes Anda, namun hal tersebut perlu dipastikan dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan laboratorium. Pada penderita diabetes, pemeriksaan kaki dan perawatan kaki memegang peranan penting dan tidak boleh dianggap remeh karena seringkali terdapat masalah kaki (luka kronis, penyumbatan pembuluh darah) pada penderita diabetes. Jika dianggap remeh terkadang menyebabkan kebusukan jaringan dan memerlukan amputasi. Kami juga menyarankan Anda memeriksakan kadar HbA1c Anda setiap 3 bulan untuk memantau penyakit diabetes Anda dan mengendalikan komplikasi.

 

Anda dapat mengunjungi

 

Rubrik Diabetes yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap.

 

 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar