Sukses

Denyut Jantung Meningkat

19 Oct 2014, 01:19 WIB
Pria, 43 tahun.
Saya kemarin diambil darah utk cek kimia darah, pengambilan pada lenggan kiri, diambil 2 tube kecil, sehabis ambil, 2 jam kemudian saya merasa denyut jantung saya cepat dan pada bagian perut terasa tdk nyaman dan ada rasa cemas, saya ukur pakai tensi digital, tercantum angka berurutan : 128/86/106, malamnya saya cek ke dokter pakai tensi manual biasa, tensi 120/80, apakah memang biasa jika sehabis ambil darah tensi akan lebih tinggi dan denyut jantung lebih cepat? prosedur pengambilan darah, baiknya pada urat dibagian mana?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

 

 

 

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Tekanan darah dan denyut nadi/detak jantung yang meningkat seringkali disebabkan karena rasa cemas. Jika mengalami rasa cemas berlebihan dapat menyebabkan ransangan saraf simpatis dan meningkatkan detak jantung/denyut nadi dan meningkatkan tekanan darah.

Sangat besar kemungkinan pada saat ini terjadi, Anda sedang merasa cemas dan panik. Kondisi ini tidak berhubungan langsung dengan proses pengambilan darah.

Secara tidak langsung, mungkin Anda cemas dengan proses pengambilan darah ataupun memikirkan mengenai hasil analisa darah Anda. Apakah ada hal lain yang mungkin saat itu mengganggu pikiran Anda? Seringkali dalam praktik sehari-hari, tekanan darah dan detak jantung/denyut nadi meningkat sesaat sebelum pengambilan darah.

Secara medis, darah dapat diambil dari pembuluh darah mana saja yang paling mudah untuk dilakukan tindakan pengambilan darah, dalam hal ini paling sering dari lipat lengan kiri atau lipat lengan kanan.

 

 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

 

 

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar