Sukses

Keguguran Berulang

01 Aug 2013, 18:45 WIB
Wanita, 21 tahun.
asslmlkm dok... saya P1ooo Ab2oox... kehamilan pertama saya melahirkan cukup bulan 39 minggu 4 hari lahir spontan namun meninggal segera setelah melahirkan karena solutio plasenta... kemahilan kedua saya keuguran usia kehamilan 7 minggu karena BO dan di kuret bulan september 2013... dan kehamilan ketiga saya kembali keguguran usia kehamilan 10 minggu karena BO kembali dan di kuret bulan juli 2013 ini... saya ingin sekali segera hamil dan memiliki anak.. kira-kira apa yang menyebabkan keadaan sya sperti ini??.. apa yang harus saya lakukan agar saya cepat hamil dan memiliki anak??... saya sudah menkonsumsi asam folat dan vitamin c rutin.. saya pernah memelihara seekor kucing namun sudah di buang akhir desember 2012 lalu... suami saya perokok aktif... mohon masukan dan sarannya dok, terima kasih.. :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Saya turut prihatin dengan semua yang telah Ibu alami. Ibu, sekitar 10-15% dari kehamilan akan mengalami keguguran oleh berbagai sebab. Sebab yang paling sering (sekitar 60%) adalah adanya kelainan kromosom berat pada embrio (atau janin) sehingga embrio tersebut tidak dapat berkembang normal dan akhirnya akan gugur. Sebagian lagi keguguran disebabkan oleh kelainan bentuk/kelainan pada rahim, gangguan sirkulasi darah (mis.Thrombophilia), faktor imunologik, kekurangan hormon, infeksi, dll. Secara medik baru dianggap bermasalah jika keguguran terjadi berulang (habitualis), yaitu keguguran yang terjadi 3 kali atau lebih. Kalau faktor kromosom tentu tidak ada tindakan pencegahannya. Faktor lain umumnya bisa dievaluasi dan diperbaiki kalau memang ada, misalnya: faktor sirkulasi darah, infeksi, kelainan pada uterus. 

Blighted ovum sendiri sebenarnya dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. 

Untuk merencanakan kehamilan, sebaiknya Ibu mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan menyeluruh penyebab masalah kehamilan Ibu. Dokter spesialis kebidanan juga mungkin akan meminta pendapat dari dokter spesialis penyakit dalam mengenai kondisi Ibu. Kemungkinan diperlukan pemeriksaan genetik. Setelah penyebabnya diketahui maka Ibu, suami dan dokter dapat mendiskusikan rencana kehamilan Ibu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar