Sukses

Penyebab Kutil, Mencegah Bisul

18 Oct 2014, 07:18 WIB
Wanita, 17 tahun.
saya mau tanya apa penyebabnya ada kutil ketiak ,kelamin,dan di dubur tetapi tidak banyak,kemudian (maaf) di bagian pantat sering ada bisul kecil,mohon penjelasannya dan bagaimana cara mengatasi serta mencegah terjadi kembali. terimakasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari  yang Terhormat.

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kutil adalah benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit dan sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. Papilloma ini sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

 

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya.

Kutil ini dapat dirawat sendiri di rumah. Obat kutil bisa dibeli di toko obat atau apotek. Carilah produk yang mengandung asam salisilat untuk mengelupas kulit yang terinfeksi. Bahan ini harus digunakan dua kali sehari, hingga beberapa minggu lamanya. Periksakan ke dokter jika kutil tidak hilang atau justru menyebar dengan perawatan di rumah.

Namun, untuk kepastian diagnosis, apakah yang Anda alami kutil atau bukan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan langsung. Keluhan kulit paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan langsung.

Bisul di daerah bokong/pantat ditangani sesuai dengan jumlah dan keparahan bisul. Pengobatan bisul dapat dilakukan dengan salep atau obat minum antibiotik.

Selain itu untuk mencegah terjadinya bisul di bokong juga disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Sebaiknya selalu menjaga daerah bokong dan sekitarnya tetap kering, tidak menggunakan celana dalam atau celana yang terlalu ketat dan lebih baik berbahan katun, dan rajin berganti pakaian dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar