Sukses

Perdarahan Otak Bayi 2 Bulan

20 Oct 2014, 10:53 WIB
Pria, 27 tahun.
Dokter kami ingin menanyakan arti dari tes darah anak kami yang berumur 2 bulan, anak kami baru pulang setelah opname di RS selama 12 hari diindikasikan kekurangan vit K, pendarahan intrakranial, dan gangguan liver/hati/kuning. Awalnya kami naik pesawat bersama anak kami usia 2bulan. lalu setelah 5 hari dirumah, anak kami rewel dari jam 10 mlm s/d jam 5 pagi dan tidak tidur. Setelah jam 5 pagi baru mau tidur setelah minum ASI. Tapi ketika bangun tidur, mata anak kami hanya terbuka yang kiri dan agak kejang, lalu kami bawa ke RS dan dicek darah Hb cuma 4, leukosit dan bilirubin tinggi, PT/APTT memanjang (pembekuan darah lambat) . Lalu ada pembesaran pupil di salah satu mata, sehingga dilakukan USG Kepala dan hasilnya ada pendarahan diotak sehingga otak kiri bergeser 6mm dari batas tengah. Lalu USG Hati ada peradangan di hati. Sekarang masih rawat jalan, dan kemarin baru tes darah dan hasilnya (Bilirubin total 7,3 ; SGOT 230 ; SGPT 233 ; Alkali Phosphatase 1301 ; Albumin 5 ; Gamma GT 465). Mohon kiranya dapat dianalisis kemungkinan yang terjadi dan solusi atas penyakit anak kami
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin terhadap kondisi yang dialami oleh buah hati Anda. Bagaimana kondisi buah hati Anda saat ini? 

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, nampaknya buah hati Anda mengalami suatu keadaan yang di dalam dunia medis disebut dengan Acquired Prothrombin Complex Deficiency (APCD). Kondisi ini merupakan suatu kumpulan gejala perdarahan yang dapat terjadi pada bayi usis 1 minggu hingga 1 tahun. Mayoritas kondisi ini terjadi pada bayi-bayi yang diberi ASI, usia 1-2 bulan dan jenis kelamin laki-laki. Gejala klinisnya termasuk perdarahan intrakranial, gangguan pembekuan darah, kuning, gangguan fungsi hati, infeksi saluran pernapasan, dapat terjadi anemia (Hb yang rendah) dan leukositosis sebagai respon dari perdarahan akut.

Penyebabnya belum diketahui pasti, namun diperkirakan karena kekurangan vitamin K. Hal ini diduga karena perbaikan kondisi terjadi setelah pemberian terapi dengan vitamin K. Dari hasil laboratorium dan USG bayi Anda, nampaknya terdapat peradangan hati. Kekurangan vitamin K pada bayi Anda dapat disebabkan karena memang mungkin adanya peradangan hati yang menyebabkan aliran cairan empedu terhambat dan menyebabkan penyerapan vitamin K pada saluran cerna yang membutuhkan cairan empedu menjadi berkurang. 

Jika sudah terjadi perbaikan klinis pada bayi Anda maka saat ini Anda perlu tetap membawa bayi Anda kontrol rawat jalan ke dokter spesialis anak. Dokter akan memantau kondisi bayi Anda dan memberikan penanganan yang sesuai untuk bayi Anda berdasarkan wawancara medis menyeluruh, pemeriksaan fisik lengkap, pemeriksaan penunjang yang diperlukan dan perkembangan kondisi kesehatan bayi Anda.

Saya turut mendoakan agar buah hati Anda lekas sehat dan pulih kembali.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar