Sukses

Perdarahan & Haid Tak Teratur

20 Oct 2014, 07:21 WIB
Wanita, 32 tahun.
Saya sdh menikah dan umur 32 th blm punya anak. Haid saya dr awaltidak teratur. kadang 3 bulan skali. tp 2 bulan belakangan Juni dan Juli haid saya waktunya sangat lama sampai 25 hari. Sdh konsul k dokter kebidanan ternyta Penebalan dinding rahim. Dokter berikan obat, tp ketika obatnya habis darah keluar lagi . Saya konsul kembali kata dokter tdk ada penyakit spti kista, tumor dll. Sya dikasih obat Cyclo-Progynova. Pertanyaannya dok, apakah tdk masalah saya minum obat tersebut sementara darah masih keluar walau pun tdk banyak. Dan bolehkan kami berhubungan suami-istri dgn keadaan dmkian. Serta masih bisakah kami punya momongan dgn kondisi saya spt itu? Mohon jawabanya yach dok. Trimkasih bnyak dok....
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Ibu yang Terhormat. 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Saya memahami kekhawatiran Ibu. Cyclo progynova berisi hormon Estradiol Valerat dan Norgestrel untuk mengatur siklus haid. Selama obat diminum atas pengawasan dokter Anda dan sesuai petunjuk dari dokter Anda maka seharusnya tidak ada masalah. 

Jika perdarahan yang terjadi tidak banyak dan Anda serta suami merasa nyaman untuk melakukan hubungan suami istri maka tidak apa untuk melakukan hubungan suami istri. Namun jika perdarahan agak banyak, maka dari segi medis sebaiknya menunda hubungan seksual karena:

  • ketika berhubungan intim di kala haid (terjadi perdarahan), darah menstruasi yang seharusnya keluar menjadi tertahan. Hal tersebut dapat menyebabkan aliran balik darah haid dan bisa mencapai saluran tuba, indung telur, bahkan peritoneum (rongga perut) dan merupakan faktor risiko terjadinya Endometriosis
  • saat haid (terjadi perdarahan), vagina akan menjadi lebih sensitif. Gesekan yang terjadi saat penetrasi akan mudah menimbulkan rasa nyeri dan perlukaan vagina. Perlukaan ini akan memudahkan kuman masuk dan menyebabkan infeksi

Berhubungan ketika haid (terjadi perdarahan) tidak menyebabkan pembuahan. Haid sendiri merupakan proses meluruhnya endometrium (dinding rahim) karena sel telur yang tidak dibuahi. Pada saat haid, sel telur seorang wanita belum mencapai proses pembentukan dan pematangan.

Apakah Anda sudah kontrol dengan dokter Anda secara rutin? Saat ini, Anda perlu kontrol ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda secara rutin. Masalah-masalah yang menghambat terjadinya kehamilan perlu diatasi. Bila perlu Anda dapat berkonsultasi khusus dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultas fertilitas untuk mendiskusikan kemungkinan kehamilan. Diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh dari diri Anda dan suami Anda untuk mengetahui hal-hal yang menghambat terjadinya kehamilan dan melakukan penanganan yang sesuai.

Selain itu juga, jangan luput untuk terus berdoa kepada yang Maha Kuasa, sebagai pemberi berkat. Semoga keluarga Anda dapat segera diberkati dengan buah hati.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)


 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar