Sukses

Masa subur

30 Jul 2013, 12:33 WIB
Wanita, 32 tahun.
Waktu yang tepat minum penyubur kapan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

 Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

Untuk informasi lengkap mengenai perencanaan kehamilan, Anda  dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar