Sukses

Lidah Bergerigi

19 Oct 2014, 23:23 WIB
Pria, 20 tahun.
LIDAH BERGERIGI dok, sy mau tanya tepi lidah saya seperti bergerigi /seperti mencetak gigi. awalnya ada sariawan di pangkal lidah tp sariawannya sembuh lidah jadi bergerigi, kadang samar2 kdg jelas, tidak nyeri dan tidak ada keluhan klinis tp sy khawatir, itu normal atau tidak.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bpk/Sdr yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com
Tepi lidah yang bergerigi atau seperti berbentuk cetakan gigi disebut scalloped tongue. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya gigi geligi yang hilang misalnya gigi-gigi belakang yang sudah dicabut, sehingga lama kelamaan lidah membesar dan mengisi celah pada gigi yang hilang dan menekan gigi yang masih ada. Beberapa ahli menyebutkan scalloped tongue juga dapat dipicu oleh adanya gangguan pada sendi rahang atau kesulitan bernafas, sehingga tubuh melakukan penyesuaian dengan menggerakkan rahang ke arah depan sehingga lidah menjadi membesar.

Selain itu, meski kondisi ini sendiri bukanlah suatu penyakit, namun dapat menjadi petunjuk adanya masalah lain pada tubuh yang menyebabkan lidah membesar sehingga menekan gigi dan terjadi scalloped tongue. Masalah sistemik tersebut diantaranya gangguan pada limpa, kekurangan vitamin B Kompleks, gangguan pencernaan, hingga gangguan tidur seperti sleep apnea/mendengkur.

Apakah belakangan ini Anda merasakan keluhan yang mungkin berhubungan dengan masalah medis yang telah disebutkan di atas? Jika iya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter/dokter gigi, karena tidak ada perawatan khusus untuk menyembuhkan scalloped tongue kecuali dengan menghilangkan faktor pemicunya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar