Sukses

Ketombe

12 Aug 2013, 19:57 WIB
Wanita, 37 tahun.
Salam Dokter... Saya mau tanya, apakah ketomebe di kepala bisa di hilangkan... Masalahnya sdh berbagai merek shampo anti ketombe saya pakai, tdk membuahkan hasil. Bahkan membuat rambut saya menjadi rapuh dan rontok. Padahal sy keramas setiap hari. Sbg tambahan saat ini sy memakai jilbab saat keluar rumah. Apa yg hrs sy lakukan untuk bs menghilangkannya... Apakah ketombe bs menular... Trima kasih dokter ....
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti: kulit kepala yang terlalu kering akibat terlalu sering cuci rambut atau bahkan karena terlalu berminyak akibat jarang mencuci rambut, tidak cocok dengan produk rambut tertentu, penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis (eksim), dan jamur. 

Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Namun apabila ketombe Anda masih menetap setelah memakai shampo tersebut maka ada kemungkinan Anda mengalami gangguan yang disebut dermatitis seboroik atau psoriasis. Kondisi ini membutuhkan penanganan dari tenaga ahli. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Berikut adalah artikel yang terkait:

Stres Akibatkan Ketombe

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar