Sukses

Hamil atau tidak?

29 Jul 2013, 17:52 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat sore dok saya mau bertanya.... saya baru menikah tgl 6 juni kemarin dan jadwal menstruasi saya tgl 24 dan selalau tepat waktu tidak pernah telat. setelah menikah tgl 24 juni saya kembali menstruasi tapi hanya 3 hari. setelah itu berhenti total bahkan flek pun tidak ada. nah seharusnya bulan juli ini saya kembali menstruasi tapi koqsampai hari ini tanda2 flek tidak ada, yang malahan saya nyeri di bawah perut sudah hampir 1 minggu, badan2 pegal2. semua tanda haid sudah ada tp koq haidnya ga muncul2 ya dok. trus kalo duduk perut bagian bawah nyeri sekali kadang di sebelah kiri kdang di sebelah kanan. tp kalo berdiri nyeri sedikit berkurang. mohon informasinya dok....
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Keterlambatan haid merupakan salah satu tanda kehamilan, namun wanita dengan keterlambatan haid belum tentu hamil. Untuk memastikan apakah hamil atau tidak, lebih baik dilakukan pemeriksaan kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang paling sederhana adalah tes pack, yang dapat Anda beli di apotek terdekat. Tes pack lebih baik dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur, dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Tes ini dapat mendeteksi kehamilan meskipun terlambat haid 1 hari. 

Lama siklus haid normal adalah berkisar antara 21 - 35 hari. Siklus ini dapat maju atau mundur hingga beberapa hari, selama masih berada dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, maka siklus tersebut masih dapat dikatakan normal. Adapun siklus haid yang tidak teratur seperti yang dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Di antara penyebab gangguan keseimbangan hormonal tersebut adalah stress psikologis, sindrom ovarium polikistik, penyakit kronik, tumor yang memproduksi hormon estrogen, nutrisi kurang, gangguan pola makan (anoreksia nervosa, bulimia), dan diet ketat dengan aktivitas fisik yang berlebih.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  •  Sering berkemih

  •  Pembesaran dan nyeri payudara

  •  Mual

  •  Perasaan lelah

  •  Daerah sekitar puting susu menghitam

  •  Peningkatan suhu tubuh

  •  Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  •  dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Anda juga dapat membaca: 7 Gejala Kehamilan yang Paling Aneh

Untuk informasi lengkap Anda dalam merencanakan dan menyambut kehamilan, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

 

Oleh karena itu, untuk memastikan apakah pasangan Anda hamil atau tidak, lebih baik dilakukan pemeriksaan tes pack. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar