Sukses

Nyeri pada selangkangan dan paha

20 Oct 2014, 08:51 WIB
Wanita, 19 tahun.
selamat siang dok saya dara, saya mau tanya rasa nyeri pada bagian selangkangan dan paha pada saat hamil apa berbahaya ?? karna usia kandungan saya sudah memasuki umur 8 bulan.. saya takut ada efek'a k baby pada saat melahirkan..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda,

Apakah nyeri yang dirasakan sangat nyeri?

Ada beberapa penyebab nyeri pada selangkangan dan paha pada saat kehamilan : 

1. Perubahan hormonal : akibat peningkatan hormon relaxin dan progesterone selama kehamilan dapat menyebabkan otot dan ligamen pada daerah pianggul untuk melemas dan teregang guna persiapan kelahiran. Namun otot dan ligamen-ligamen ini berguna untuk menompang tulang-tulang pada panggul dimana terkadang dapat menimbulkan nyeri pada selangkangan, paha dan perut bawah.

2. Perubahan struktur tubuh : Akibat kehamilan, terjadi perubahan pada bentuk panggul yang dapat menimbulkan nyeri pada selangkangan dan paha terutama disebabkan oleh pertumbuhan janin dalam perut.

3. Round Ligament pain : Suatu nyeri yang menusuk pada daerah selangkangan, perut bawah,  yang disebabkabn oleh pertambahan ketebalan serta perengan ligamen pada panggul. Ditandai dengan nyeri yang timbul bila si ibu berdiri dari duduk, batuk, atau melakukan aktiftas.

4. SPD (symphis pubis dysfunction) : Terjadi akibat beberapa hal seperti pertambahan berat badan, pengharuh perubahan hormon, dan ada beberapa yang menyebutkan pergerakan tubuh. Oleh karena selama kehamilan terjadi peningkatan jumlah hormon relaxin an progesterone yang berguna untuk menopang kehamilan, biasanya terjadi pergeseran dari tulang panggunl sebanyak 2- 3mm, namun beberapa keadaan yang disebutkan diatas memicu terjadinya pergeseran yang berlebihan hingga dapat menimbulkan nyeri yang sangat pada daerah panggul yang menyebar ke punggung, paha dan timbul kesan bunyi "klik" pada daerah pubis.

5. Diastasis of Symphisis Pubis (DSP) : Terjadi pergeseran berlebihan dari tulang pubis hingga mencapai 10 mm atau lebih yang menyebabkan nyeri pada panggul dan perut bawah.

Beberapa hal yang anda dapat lakukan :

1. Perbaiki postur

2. memakai sepatu yang nyaman, hindari sepatu dengan hak

3. hindari berdiri terlalu lama

4. Coba naikkan kaki sedikit saat duduk

5. Saat tidur, coba tidur dengan miring ke samping

6. HIndari mengangkat barang berat

7. Coba tambahkan makanan yang mengandung kalsium dan magnesium dalam diet anda

8. Lakukan beberapa tipe olahraga santai untuk mendukung kekuatan tulang panggul anda

9. Pada daerah yang nyeri lakukan kompres dengan air panas atau es

Lalu, bila nyeri semakin bertambah coba konsultasikan diri anda ke dokter kebidanan  anda, mungkin akan dilakukan fisioterapi atau pemberian obat anti nyeri bila sangat nyeri.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, smeoga bermanfaat (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar