Sukses

Kehamilan setelah hipertensi

30 Jul 2013, 13:53 WIB
Wanita, 41 tahun.
saya menikah tahun 2010 bulan oktober 2011, sudah dikaruniai putri yg sekarang berusia 3 thn, suami saya berusia 33 thn. kelahiran anak pertama lahir secara cesar, karena usia kelahiran sudah lewat 3 hari, dan ketuban bagian bawah menurut dokter di klinik saat itu harusnya sudah lahir, dan diambil tindakan untuk lahiran malam itu, alahasil saya harus di caesar, dengan tensi yang tinggi kondisi saat itu, samapai 220. jahitan caesar sampai saat ini masih suka gatal. jahitan menyembul, tidak rata seperti laser. yang ingin saya tanyakan, apakah saya masih bisa hamil lagi dokter... saya ingin hamil anak kedua saat ini. apakah beresiko..? bagaimana baiknya... mohon informasinya.. tolong bantu saya dokter, saya sudah email ke pada dokter2 kandungan melalui internet, tidak ada yg menjawab. terima kasih. saya tunggu jawabannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Sepertinya saat hamil anda yang sebelumnya, anda menderita kondisi hipertensi dalam kehamilan yang dapat dibagi menjadi beberapa tipe hipertensi, tergantung dari tensi ibu, usia kehamilan, serta pemeriksaan urin apakah ada protein atau tidak.

 Ada beberapa dokter yang berpendapat bahwa semakin dini anda mengalami keadaan preeklampsia pada kehamilan sebelumnya, kemungkinan utk terjadi lagi pada kehamilan berikutnya sebanyak 15-20%. Terutama bila dilihat dari usia ibu yaitu 41 tahun sebab resiko terjadinya hipertensi dalam kehamilan salah satunya adalah usia (dibawah 20 tahun atau diatas 40  tahun), kami tetap meyarankan agar anda lakukan check up terlebih dahulu ke dokter specialis kebidanan. 

Untuk kehamilan berikutnya, anda harus benar-benar mepersiapkan diri dari awal kehamilan harus selalu kontrol ke dokter specialis kandungan, secara rutin melakukan check up. Dari sekarang coba kurangi resiko terjadinya hipertensi dengan olah raga, kontrol diet, kurangi garam, kurangi stres dan coba banyak istirahat. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar