Sukses

ASI Susah Keluar

12 Aug 2013, 15:18 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, saya mau tanya,ASI saya kok susah bgt klr y??? apa msh bs klr dok sedangkn anak saya skr udah 6bln setengah?? trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Kami mengerti kekhawatiran Ibu. Janganlah menyerah untuk mencoba memberikan ASI pada bayi Anda. Sambil mengatasi kekurangan ASI, pemberian susu formula tidak ada salahnya diteruskan. Akan tetapi, jangan berhenti untuk terus berusaha melakukan relaktasi. 

ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, ingat untuk selalu sodorkan payudara setiap kali bayi menangis. Hal ini perlu dilakukan demi terlaksananya ASI eksklusif.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis Ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi.

Atas dasar itu, apabila ibu berhenti membiasakan bayi menetek, maka hal ini dapat mengganggu bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu. Untuk itu, jangan putus asa untuk terus berusaha memberikan ASI pada bayi Anda, sodorkan ASI setiap kali bayi menangis dan usahakan untuk terus menawarkan ASI pada bayi Anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar