Sukses

Keluar Cairan Saat Hamil

25 Jul 2013, 12:42 WIB
Wanita, 27 tahun.
dokter saat ini saya sedang hamil 9 bulan, tadi saat saya Buang air kecil keluar cairan warna bening kental seperti jell panjang sekitar 30 cm meter, yg ingin saya tanyakan apakah itu air ketuban atau bukan ? trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Cairan ketuban normalnya bening atau sedikit keruh dan berbau spesifik. Cairan tersebut merembes keluar, tidak dapat ditahan. Pada kasus Anda, cairan yang keluar lebih seperti jel. Cairan yang kental tersebut dapat berupa cairan yang diproduksi dalam vagina atau keputihan. 

Pada saat hamil memang akan terjadi peningkatan pengeluaran cairan vagina (keputihan) daripada biasanya yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Bentuk keputihan yang normal selama kehamilan adalah berwarna bening atau putih susu, encer dan tidak berbau. 

Namun bila keputihan mulai berubah warna (kuning, abu-abu, atau kehijauan), berdarah, keluar dalam jumlah sangat banyak, berbau atau menimbulkan rasa gatal di daerah vagina atau dengan nyeri perut di bagian atas. Kami menyarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar