Sukses

Siklus Menstruasi: Faktor Yang Mempengaruhi

20 Oct 2014, 08:11 WIB
Wanita, 26 tahun.
Saya sudah telat datang bulan. Biasanya siklus haid saya antara 26-28 hari. namun sekarang sudah telat seminggu namun belum menunjukan adanya tanda-tanda datang bulan. di awal bulan saya pernah sakit yaitu pilek dan batuk berat dan mengkonsumsi obat seperti antibiotik dan juga obat flu (fludane) serta beberapa kapsul yang diracik oleh apoteker. belum lagi saya juga menjalani ibadah puasa yang otomatis merubah pola makan saya selama ini. apakah konsumsi obat-obatan serta pola makan dan tidur yang berubah dapat berdampak kepada siklus menstruasi seorang wanita? kira-kira apa solusinya dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Lama siklus haid yang normal adalah berkisar antara 21 - 35 hari. Siklus ini dapat maju atau mundur hingga beberapa hari, selama masih berada dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, maka siklus tersebut masih dapat dikatakan normal.

Siklus menstruasi merupakan diatur oleh perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh. Keterlambatan atau siklus menstruasi terlambat disebabkan oleh gangguan pada keseimbangan hormon tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain nutrisi, stress, aktivitas fisik, dan obat. 

Yang dimaksud dengan fator nutrisi adalah nutrisi kurang, gangguan pola makan (anoreksia nervosa, bulimia), dan diet ketat. Penurunan berat badan yang cepat atau bila memiliki lemak tubuh yang kurang secara umum dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Yang dimaksud dengan faktor aktivitas adalah aktivitas fisik yang berat. Beberapa obat yang mempengaruhi terutama adalah obat yang mengandung hormon. Siklus menstruasi perempuan sangat sensitif, bahkan sakit flu atau batuk-pilek yang ringan pun cukup untuk membuat ovulasi menjadi terlambat.  

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar