Sukses

Jerawat: Gangguan Hormonal?

20 Oct 2014, 06:49 WIB
Wanita, 33 tahun.
Selamat siang dok, Saya sejak remaja (SMA) sering tumbuh jerawat, jerawatnya pun jerawat batu yang isinya nanah dan darah..sangat parah sampai bekasnya (scar) sampai sekarang tidak bisa hilang, setelah memakai resep dokter, sempat hilang, hanya saja saat menstruasi tetap saja tumbuh..waktu itu dokter kulit bilang bahwa jerawat saya karena kelainan hormon sehingga sulit disembuhkan. Sekarang jerawat saya meradang lagi setelah obat dokter saya hentikan (karena saya pindah daerah)..saya juga ingin lepas dari ketergantungan dok apalagi saya lagi ingin hamil (kabarnya obat jerawat bs mengakibatkan efek buruk)..yang ingin saya tanyakan, apa yang harus saya perbuat dok..saya sudah capek dan lelah mengatasi jerawat ini, pake produk apapun ga mempan, saya juga ga bisa menjauhi bedak krn saya kerja. mohon pencerahannya dok..trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan timbulnya jerawat, yaitu:

  • Stress

  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif

  • Keturunan dari orangtua

  • Bakteri di pori-pori kulit

 

Oleh sebab itu, pengobatan jerawat perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Kondisi kulit berminyak memang merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat membutuhkan waktu untuk dapat menunjukkan hasil optimal, biasanya sesudah 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah.  

Anda mengatakan bahwa jerawat yang Anda alami berkaitan dengan gangguan hormonal. Apakah siklus menstruasi Anda tidak teratur? Umunya gangguan hormonal tersebut disebabkan oleh sinfrom ovarium polikistik. Bila memang ada gangguan hormonal, maka pengobatan jerawat pun harus mengatasi ketidakseimbangan tersebut yaitu dengan terapi hormonal. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda dan mendiskusikan pilihan-pilihan untuk mengatasi jerawat pada wajah Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar