Sukses

Ngilu Setelah Tambal Gigi

19 Oct 2014, 08:28 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dokter,saya ingin bertanya. Tgl 28 Juni lalu saya tambal gigi depan atas dibagian belakang, nah skarang jika terkena makanan/minuman yang terlalu dingin dan panas terasa ngilu. Apa ada solusi agar tidak ngilu?, apakah perlu tambal ulang?. Sekian pertanyaan dari saya. Terima kasih sebelumnya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/ Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com
Apakah rasa ngilu yang Anda rasakan hilang segera setelah rangsangan (makanan/minuman) dihilangkan, atau rasanya berdenyut seperti sakit gigi?

Rasa ngilu setelah penambalan gigi merupakan masalah yang cukup sering ditemui, terutama jika lubang gigi sudah cukup dalam dan ditambal dengan menggunakan bahan tambal sewarna gigi yaitu resin komposit (bahan tambal sinar). gigi dapat terasa sensitif jika terkena rangsangan suhu atau penekanan saat mengunyah. Umumnya rasa tak nyaman ini dapat hilang dengan sendirinya, dan tak perlu meminum obat anti nyeri. Namun jika rasa ngilu tidak kunjung hilang lebih dari satu bulan setelah gigi ditambal, sebaiknya periksakan kembali tambalan tersebut ke dokter gigi yang merawat Anda. Ada kemungkinan saat Anda pertama datang untuk ditambal,  lubang gigi sebetulnya sudah terlalu dalam dan mencapai rongga yang berisi syaraf dan pembuluh darah. Jika hal ini yang terjadi, maka seharusnya dilakukan perawatan syaraf terlebih  dulu, baru setelah itu dilakukan restorasi (tambalan/mahkota sementara). Kemungkinan lainnya, kualitas tambalan kurang baik atau lubang gigi kurang dibersihkan dengan baik sebelum peletakan bahan tambal di dalam lubang gigi sehingga masih ada infeksi di bawah tambalan. Rontgen gigi dapat dilakukan sebagai pemeriksaan penunjang untuk memastikannya. Jika hal ini yang terjadi, sebaiknya tambalan tersebut dibongkar dan ditambal ulang.

Solusi sementara yang dapat saya sarankan adalah menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, dan hindari mengkonsumsi makanan/minuman panas atau dingin untuk sementara waktu.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar