Sukses

Benjolan di Payudara Saat Hamil?

20 Oct 2014, 08:46 WIB
Wanita, 32 tahun.
Saya ibu satu anak (6 th) usia 31 th,satu tahun yg lalu pada payudara saya ditemukan multiple kista. Setelah diperiksa oleh dokter radiologi,penyakit dalam dan patologi ditemukan kl kista itu tdk berbahaya. Saat ini benjolan lama yg sdh hilang (karena disedot saat priksa di dr. patologi) muncul lagi. Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pertanyaan saya berbahayakan kondisi tersebut unt kehamilan dan saat menyusui nanti. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Benjolan pada payudara Anda kemungkinan merupakan fibroadenoma. Tumor ini merupakan tumor jinak yang terdiri dari gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa. Fibroadenoma terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Kondisi ini tidak berbahaya bagi kehamilan atau pun menganggu proses menyusui. Benjolan ini sendiri dapat hilang dengan sendirinya. Namun, untuk memastikan penyebab benjolan tersebut, sebaiknya Anda kontrol ke dokter kebidanan dan kandungan yang menangani Anda. Bila memang merupakan fibroadenoma, benjolan tersebut tetap perlu diobservasi atau diperiksa secara berkala. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokdter

    0 Komentar

    Belum ada komentar