Sukses

Sembuhkan Diabetes?

27 Jul 2013, 13:50 WIB
Pria, 48 tahun.
saya penderita diabetes tapy 2 sudah 3 th saya derita, kadar gula saya waktu kena 550 sekarang 120, apakah diabetes bisa sembuh total dan normal kembali
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Diabetes tipe 2 dipengaruhi oleh keturunan dengan penyebabnya adalah kurangnya jumlah insulin yang dihasilkan tubuh dan berkurangnya sensitifitas jaringan terhadap hormon insulin (resistensis insulin). Insulin sendiri adalah hormon yang membawa glukosa dari darah masuk se dalam sel-sel tubuh dan dihasilkan oleh sel-sel beta di pankreas.Selain 2 tipe diabetes diatas ada juga diabetes  gestasional dan diabetes insipidus.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin dan berkurangnya sekresi hormon insulin antara lain adalah:

  • Obesitas (kegemukan)
  • Kurangnya aktifitas fisik
  • Adanya kelainan genetik
  • Riwayat keluarga dengan Diabetes melitus
  • Adanya penyakit-penyakit yang merusak pankreas, terutama sel-sel beta pankreas, seperti seperti hemocromatosis, pankreatitis, cyctic fibrosis, kanker pankreas, dll
  • Adanya infeksi virus (misal mumps, rubela, coxsackie B4, dll) dan zat-zat kimia yang menimbulkan kerusakan pada sel beta pankreas.
  • Adanya kelainan hormonal lain yang mempengaruhi sekresi insulin (misal feokromositoma) dan mempengaruhi resisntensi insulin (misal akromegali, cushing syndrome, feokromositoma, sindrom polikistik ovari, dll)
  • Akibat penggunaan obat-obatan untuk jangka panjang, misal akibat penggunaan fenitoin, glucocorticoid, estrogen
  • dll

Diabetes tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol dengan mengurangi faktor risiko (yang dapat diubah) di atas, seperti obesitas, pola makan, dan aktivitas fisik. Anda juga perlu mengkonsumsi obat diabetes secara teratur. 

Bagaiman dengan faktor risiko yang Anda miliki? Dari data yang Anda masukkan, setidaknya terdapat satu faktor risiko pada Anda yaitu obesitas. Indeks Massa Tubuh Anda (berat badan/tinggi badan x tinggi badan dalam meter) lebih dari 30 yang masuk ke dalam kategori diabetes. 

Operasi bariatrik atau operasi penurunan berat badan dapat dipertimbangkan pada pasien obese dengan diabetes melitus tipe 2. Operasi tersebut melibatkan lambung dan usus kecil untuk merestriksi asupan makanan atau menginterupsi proses pencernaan. Banyak pasien diabetes tipe 2 yang menjalani operasi ini mengalami penurunan berat badan yang signifikan dan mencapai kadar gula darah yang mendekati normal. Pasien diabetes yang kehilangan berat badan paling banyak sering mengalami remisi yaitu tidak perlu konsumsi obat antidiabetes lagi. Namun, banyak pasien yang mengalami peningkatan berat badan lagi dan diabetesnya kembali.

Diskusikanlah dengan dokter Anda bagaimana langkah-langkah untuk mengontrol faktor-faktor risiko Anda. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar