Sukses

Alternatif Operasi Amandel?

19 Oct 2014, 03:33 WIB
Pria, 6 tahun.
Mohon penjelasan dok, anak saya amandelnya cukup besar gimana cara menghilangjan/mengecilkan tanpa Operasi. Terimakasih atas penjelasannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Tonsil berfungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan, oleh karena itu tidak jarang tonsil mengalami peradangan. Peradangan pada tonsil disebut dengan tonsilitis.

Amandel atau tonsil yang dimiliki sejak kecil dapat mengecil seiring bertambahnya usia saat dewasa bila tonsil tersebut tidak pernah meradang. Radang kronik dan tonsil yang membesar dapat menyebabkan sumbatan yang bisa menyebabkan suara menjadi sengau, sering terbangun saat tidur, keluhan sesak napas, sulit menelan dll.  Karena itu, operasi atau tonsilektomi sebaiknya dilakukan bila peradangan terkadi:

  • Hingga 7 kali dalam setahun
  • Hingga 5 kali dalam setahun selama 2 tahun berturut-turut
  • Hingga 3 kali dalam setahun selama 3 tahun berturut-turut

Metode pengangkatan atau pengecilan tonsil tersebut bermacam-macam, tidak harus menggunakan pisau bedah, seperti coblation tonsillectomy yang menggunakan gelombang radio. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter spesialis anak dan spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan untuk penjelasan serta evaluasi lebih lanjut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar