Sukses

Jerawat Kulit Kepala

20 Oct 2014, 10:01 WIB
Pria, 21 tahun.
Dok saya mau tanya kenapa belakangan ini kepala saya banyak numbuh benjolan2 bisa dibilang kyk jerawat, merah2 gitu, awal2nya sedikit, lama-lama banyak. yang paling buat kesal dia tumbuh di sisi kepala dan belakang kepala dekat leher, benar2 sangat mengganggu, faktor nya karena apa ya dok? seperasaan saya, sy tidak pernah apa2 tapi tiba2 lgsg begitu saja. memang lagi musim liburan sy agk jarang keramas. tp sbelumnya pernah gitu tapi tidak jerawatan kulit kepala saya dok. mohon bantuan nya dan pengobatan alternatif pertama yang direkomendasikan untuk saya apa dok. trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Jerawat memang dapat tumbuh di kepala. Sama seperti pada kulit wajah, dada, atau pun punggung, jerawat disebabkan oleh gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (kelenjar sebasea) yang menyebabkan peradangan dan penyumbatan saluran folikel rambut serta pori-pori kulit. Faktor risiko jerawat pada kepala termasuk penggunaan tutup kepala atau produk minyak rambut. Jika tidak ditangani, jerawat tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut. 

Untuk mengatasinya, rajinlah melakukan keramas, atur pola makan, dan hindari stress. Pilih sampo yang mengandung asam salisilat karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab sumbatan pori-pori kulit kepala. Jika jerawat terlalu banyak dan sulit ditangani sendiri, kami menyarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana lebih lanjut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar